Senin, 29 November 21

Jokowi Tunjuk Pratikno Pimpin Tim Internal Penjaring Cawapres

Jokowi Tunjuk Pratikno Pimpin Tim Internal Penjaring Cawapres
* Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi sudah membentuk tim internal untuk Pemilu Presiden 2019. Bersama parpol pendukung, tim saat ini tengah bekerja untuk menggodok siapa calon wakil presiden (cawapres) yang tepat untuk mendampingi Jokowi di periode kedua.

Ketua DPP PDI-P Hendrawan Supratikno mengungkapkan, bahwa tim internal ini dipimpin oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Mantan Rektor UGM ini dipercaya karena memiliki integritas dan tidak mudah memihak.

“Kan memang Pak Pratikno dianggap orang yang paling dekat, paling dipercaya, orang kampus, sehingga kalau orang kampus dianggap imparsial, tidak mudah berpihak,” kata Hendrawan, Senin (12/3/2018).

Hendrawan tak keberatan Jokowi membentuk tim internal. Namun, menurut dia, partai politik pendukungnya termasuk PDI-P saat ini juga masih terus menjaring siapa calon yang tepat untuk mendampingi Jokowi di periode kedua.

Hendrawan menegaskan, tim internal akan bertugas hanya sampai kualifikasi, tetapi keputusan akhir terkait siapa pendamping Jokowi tetap ada di parpol sebagaimana yang telah diamanatkan dalam konstitusi.

“Di UUD 1945 yang berhak mencalonkan pasangan capres dan cawapres itu adalah partai politik. Jadi dengan pasal di UUD seperti itu, parpol sudah melewati babak kualifikasi dan langsung memasuki babak semi final,” kata Hendrawan.

Mengingat masih dalam tahap penggodokan, Jokowi belum mau bicara banyak soal kriteria cawapres yang akan mendampinginya. Jokowi juga enggan menanggapi terlalu jauh nama-nama yang saat ini sudah bermunculan di publik.

“Ini semuanya baru dalam proses pematangan, penggodokan mengenai kriteria, belum berbicara mengenai siapanya, jadi ditunggu saja,” kata Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.