Minggu, 25 September 22

Jokowi: TNI Harus Tegaskan Jati Diri Sebagai Tentara Rakyat

Jokowi: TNI Harus Tegaskan Jati Diri Sebagai Tentara Rakyat

Banten, Obsessionnews – Presiden Jokowi meminta TNI terus bersinergi dengan rakyat. Hanya bersama-bersama rakyat TNI bisa menjadi kekuatan militer yang hebat yang disegani oleh bangsa lain di dunia. Pernyataan itu disampaikan Presiden Jokowi dalam puncak peringatan HUT ke-70 TNI di Cilegon, Banten, Senin (5/10/2015).

Presiden Jokowi menginginkan momentum peringatan HUT ke-70 ini untuk mengingatkan kembali jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Sejaran mencatat TNI dilahirkan dari rahim rakyat. Menyitir pernyataan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang menyatakan bahwa hubungan TNI dengan rakyat adalah ibarat ikan dan air.

“Ikan tidak akan hidup tanpa air, rakyatlah yang mengandung, merawat dan membesarkan TNI,” ujar Jokowi di hadapan puluhan ribu prajurit TNI.

Untuk itu TNI diminta harus menegaskan jati diri sebagai tentara rakyat. Sebagai tentara rakyat TNI tidak boleh melupakan rakyat, tidak boleh menyakiti rakyat, tidak boleh berjarak dengan rakyat serta harus selalu bersama-sama rakyat.

“Hanya bersama-sama rakyat TNI akan kuat dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara”.

“Hanya bersama- sama rakyat TNI menjadi kekuatan militer yang hebat kekuatan militer yang disegani serta kekuatan militer yang diperhitungkan oleh bangsa lain di dunia,” tegasnya.

Jokowi mengatakan sebagai tentara pejuang TNI harus memliki daya juang, semangat pantang menyerah untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian. Dengan semangat juang itu pula TNI diminta harus mampu menjaga kedaulatan wilayah NKRI, mampu menghadapi para penjarah sumber daya laut dan perikanan Indonesia.

“TNI harus mampu menjaga wilayah perbatasan dan TNI harus mampu menjaga pulau-pulau terdepan kita,” lanjut Jokowi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.