Sabtu, 16 Oktober 21

Jokowi Tinjau Proyek Perbaikan Bendung di Ngawi Jatim

Jokowi Tinjau Proyek Perbaikan Bendung di Ngawi Jatim

Ngawi, Obsessionnews – Presiden Jokowi mengunjungi Desa Legundi,  Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur untuk melihat perbaikan bendung Budengan. Saat tiba di lokasi Jokowi langsung disambut kelompok tani dan TNI yang sedang mengeruk pasir dari dalam bendung.

“Melihat beberapa bendungan yang perlu direhab karena bendungan yang direhab ini yang sebetulnya palih cepat menghasilkan air sampai ke sawah,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan, Sabtu (31/1/2015).

Jokowi menargetkan perbaikan bendung ini bisa rampung paling lama dua minggu. Dia berharap lebih cepat lebih baik agar segera difungsikan oleh petani setempat. Dengan begitu, swasembada beras yang diprogramkan pemerintah bisa tercapai.

“Ini yang harus kita kejar karena kita memang mengejar target,” katanya.

Khusus untuk wilayah Ngawi, pemerintah akan membangun 16 bendungan untuk saluran irigasi persawahan petani. Proyek ini merupakan kerjasama antara Kementerian Pertanian, Pemprop dan Kabupaten, dibantu dari satuan TNI.

“Yang gini-gini juga perlu dikejar sehingga identifikasi di mana ada bendungan-bendungan yang perlu dikeruk, diperbaiki itu air bisa segera masuk ke sawah,” tutur dia.

Presiden Jokowi memperkirakan untuk pembangunan bendungan bisa membutuhkan waktu tiga hingga empat tahun. “Semakin banyak bendungan yang direhab, tractor dan pompa air yang diberikan ke petani, waduk yang segera dibangun itu lebih baik,” pungkasnya. (Has)

Related posts