Rabu, 3 Juni 20

Jokowi Terima Permohonan Grasi Eva Bande

Jokowi Terima Permohonan Grasi Eva Bande

Yogyakarta – Presiden Jokowi berjanji akan mengabulkan permohonan grasi Eva Bande, seorang aktifis perempuan dari Sulawesi Tengah. Presiden mengakui Eva Bande merupakan seorang aktifis HAM yang dipidana karena menggerakkan petani yang mengalami ketidakadilan.

“Menurut informasi yang saya peroleh saudari Eva dipidana karena menggerakkan petani yang mengalami ketidakadilan,”  ujar Jokowi dalam peringatan hari HAM sedunia di Yogyakarta, Selasa (9/12/2014).

Menurut presiden pemberian grasi terhadap Eva tinggal satu tahap lagi yakni menunggu pertimbangan dari Mahkamah Agung. Presiden bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly telah mempelajari berkas pemohonan grasi Eva yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

“Itu kita sudah terima beberapa hari lalu sudah kita pelajari, pa Mentri sudah pelajari dan bisa kita berikan grasinya. Namun tentu saya menunggu proses lebih lanjut masih menunggu pertimbangan MA,” katanya.

Dengan pemberian grasi tersebut Jokowi berharap Eva bisa kumpul kembali bersama keluargnya di rumah. “Dicari sendirilah informsinya, panjang itu cerinya, panjang dua hari bisa saya ngomong tapi yg jelas kita berikan grasinya,” ucap Jokowi

Eva Bande adalah seorang pejuang agraria dari Luwuk, Sulawesi Tengah. Ibu dari tiga anak tersebut dikriminalisasikan oleh perusahaan perkebunan sawit PT. Kurnia Luwuk Sejati milik Murad Husain yang menggusur perkebunan kakao milik petani di desa Piondo. (Has)

 

Related posts