Kamis, 2 Desember 21

Jokowi Tegaskan PLTMG Cara Cepat Atasi Krisis Listrik

Jokowi Tegaskan PLTMG Cara Cepat Atasi Krisis Listrik

Lhokseumawe, Obsessionnews – Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya di Lhokseumawe, Aceh Presiden Jokowi meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Arun dengan kapasitas 184 MW di Desa Meuria Paloh, Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe, Kamis (2/6/2016). Rangkaian kunjungan kerja kali ini merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat soal minimnya pasokan listrik yang tersedia.

“Setiap saya datang ke provinsi, ke kabupaten, selalu keluhannya sama. Listriknya hidup dan mati, listriknya byar pet. Itu yg selalu keluar,” cerita Presiden mengawali sambutannya.

Sebagaimana dijelaskan pada kunjungan sebelumnya, dalam sambutannya Presiden mengutarakan bahwa membangun pembangkit listrik bertenaga batu bara akan memakan waktu yang lama. Oleh karenanya, untuk dapat menindaklanjuti keluhan masyarakat dan kebutuhan industri secara lebih cepat, pemerintah membangun pembangkit listrik dengan menggunakan tenaga mesin gas yang diperkirakan akan selesai dalam jangka waktu yang relatif lebih singkat, yakni 18 bulan sejak perencanaan.

“Jadi PLTMG ini untuk mempercepat kekurangan listrik di daerah. Sebagai contoh di sini yang sebentar lagi akan kita resmikan berdaya 184 MW. Kalau ini tidak ada bagaimana investasi bisa masuk ke Aceh? Ya pasti akan mundur investor itu,” terangnya.

Presiden menambahkan, bila dibandingkan dengan pembangkit listrik bertenaga batu bara, PMTG ini memang sedikit lebih mahal. Meski demikian, pemerintah memutuskan untuk menggunakan alternatif ke dua (PMTG) agar kesulitan masyarakat dapat segera teratasi.

“Ya harus diputuskan pemakaian cara yang lebih cepat. Saya tanyakan juga pada Dirut PLN ini akan dilanjutkan lagi, tambahannya 250 megawatt. Setelah itu saya kejar di tempat lain,” tambah Presiden.

Di penghujung sambutannya, Presiden meresmikan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Arun seraya berharap pembangunan tersebut dapat bermanfaat bagi rakyat banyak.

“Dengan mengucap bismillah, saya resmikan PLTMG Arun. Semoga bermanfaat bagi rakyat,” tutupnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.