Kamis, 25 April 24

Jokowi Targetkan 2019 Papua dan Papua Barat ‘Terang’

Jokowi Targetkan 2019 Papua dan Papua Barat ‘Terang’
* Presiden Jokowi bersama Dirut PLN Sofyan Basir dan Menteri BUMN Rini Soemarno

Jayapura, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi meminta agar proyek pembangunan infrastruktur listrik di Provinsi Papua untuk dipercepat. Tentunya bukan tanpa sebab Presiden menginginkan demikian. Sampai dengan saat ini, rasio elektrifikasi di Papua baru mencapai angka 47 persen, artinya masih terdapat 53 persen penduduk Papua belum menikmati listrik.

“Saya sampaikan, saya tidak mau selesainya di 2020. Saya minta di 2019. Masa lama sekali? Disampaikan ke saya, Pak medannya di Papua ini berat. Ya saya tahu, saya kan sudah ke Wamena, Nduga, juga besok saya ke Yahukimo,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan sejumlah proyek infrastruktur kelistrikan di Papua dan Papua Barat, Senin (17/10/2016).

Sebelum menyampaikan sambutan, Presiden sempat berbicara dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir yang berjanji bahwa semua kecamatan di Papua dan Papua Barat akan terang benderang pada tahun 2020.

Diakui Presiden bahwa membangun infrastruktur di Tanah Papua berbeda dengan membangun di wilayah lain di Indonesia dimana di Papua dan Papua Barat memiliki medan yang sangat sulit.

“Inilah tantangan program proyek yang ada di Papua dan Papua Barat, medannya berat. Saya tahu tapi jangan diundur-undur. Saya minta semuanya dimajukan,” kata Presiden.

Untuk diketahui, dalam kesempatan tersebut Presiden Jokowi meresmikan sekaligus enam proyek pembangunan pembangkit listrik di Papua.

Keenamnya ialah Pembangkit Listrik Tenaga Air Orya Genyem 2 x 10 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Prafi 2 x 1,25 MW, Saluran Udara Tegangan Tinggi 70 kilo Volt Genyem-Waena-Jayapura sepanjang 174,6 kilometer sirkit, Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 70 kilo Volt Holtekamp-Jayapura sepanjang 43,4 kilometer sirkit, Gardu Induk Waena-Sentani 20 Mega Volt Ampere, dan Gardu Induk Jayapura 20 Mega Volt Ampere. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.