fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Jokowi Tantang Prabowo Laporkan Kebocoran Anggaran Negara ke KPK

Jokowi Tantang Prabowo Laporkan Kebocoran Anggaran Negara ke KPK
* Presiden Jokowi (Foto IG Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Calon presiden petahana Joko Widodo menanggapi tudingan rivalnya Prabowo Subianto yang menyebut terjadi kebocoran anggaran sebesar 25 persen di Indonesia. Jika itu benar, Jokowi menantang Prabowo untuk melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kalau memang bocor sampai 25 persen laporin aja ke KPK. Duit gede banget itu,” kata Jokowi kepada wartawan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, Kamis (7/2/2019).

 

Baca juga:

Jokowi Ajak Masyarakat Gunakan Hak Suara Tanpa Rasa Takut

Cerita Jokowi Memutuskan MRT yang Tertunda 26 Tahun

Di Era Jokowi-JK Pariwisata Melesat di Kancah Internasional

 

“Dulu 2014 coba diingat-ingat, 2014 katanya bocor Rp 7.200 triliun. Sekarang itu bocornya kalau 25 persen itu berarti Rp 500 triliun. duitnya gede banget Rp 500 triliun,” tambah calon presiden nomor urut 01 ini.

Menurut Jokowi, setiap dugaan korupsi atau kerugian negara memang sebaiknya dilaporkan ke KPK. Namun, ia berharap laporan tersebut disertai dengan bukti-bukti. Buka hanya sekedar melempar wacana atau isu.

“Laporkan ke KPK dengan bawa bukti-bukti dan bawa fakta fakta. Jangan asal,” kata Jokowi.

Sebelumnya, Prabowo saat menyampaikan pidato dalam acara HUT Ke-20 KSPI di Sports Mall Gading, Jakarta, mengatakan, kebocoran anggaran itu bisa macam-macam, salah satunya karena ada penggelembungan proyek.

Bocoran anggaran itu, menurut dia, dipicu perilaku korup yang menyasar proyek-proyek pembangunan yang saat ini dilakukan.

Pada 2018 sendiri, penerimaan negara mencapai Rp 1.942,3 triliun, tumbuh 16,6 persen dari tahun 2017. Jumlah tersebut juga melebihi target atau 102,5 persen dari target yang ada di APBN 2018 sebesar Rp 1.894,7 triliun.

Sementara itu, total realisasi belanja negara di APBN 2018 Rp 2.202,2 triliun atau 99,2 persen dari target APBN 2018 dan tumbuh 9,7 persen dari tahun sebelumnya. Bila anggaran belanja negara bocor 25 persen, angkanya lebih dari Rp 500 triliun. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.