Sabtu, 8 Oktober 22

Jokowi Simpan Banyak Koleksi Batik

Jokowi Simpan Banyak Koleksi Batik

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo dibanyak kesempatan selalu mengenakan baju batik dengan berbagai motif. Hari ini, Jumat (2/10/2015) saat memimpin operasi pasar di kawasan Pergudangan Sunter Bulog Divre DKI Jakarta Jln. Perintis Kemerdekaan Kepala Gading Jakarta Utara, ia juga mengenakan batik hitam bermotif bulu burung.

Jokowi mengatakan tidak asal orang menganakan batik. Setiap motif yang dikenakan memiliki filosofi yang berbeda-beda. Namun sayangnya ia tak menyebut filosofi batik yang ia kenakan saat bersamaan dengan peringatan hari batik ini.

“Setiap motif batik itu ada filosofinya. Ada waktu penggunannya, tolong ditanyakan yang lebih pinter yang ahli mengenai batik,” ujar Jokowi saat ditemui usai operasi pasar, Jumat (2/10/2015).

Jokowi mengakui memiliki banyak koleksi batik yang ia beli dari berbagai daerah mulai dari Aceh, Jogja, Solo, Pekalongan hingga Papua. Saking banyak koleksi yang disimpan sampai-sampai dia sendiri lupa berapa banyak batik yang sudah dikumpulkan itu.

“Aduh motif batik itu banyak sekali misalnya saya kan beli di kampung batik. Misalnya lagi ke Pekalongan Lasem kan beda-beda. Kalau di Papua pun, Jogja, Solo banyak sekali, macemnya, Sidomuktin Sidoluhur, Parang,” katanya.

“Tapi sekali lagi saya menggunakan batik tiap hari pakai batik dari Aceh sampai Papua ada sekarang. Motif-motifnya burung-burung. Kita ini kaya sekali akan motif, jadi kalau ditanya bisa ribuan,” tutup Presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.