Senin, 25 Oktober 21

Jokowi Sidak Gudang Bulog Triyagan, Karanganyar

Jokowi Sidak Gudang Bulog Triyagan, Karanganyar
* Presiden Jokowi menyambangi gudang Bolog Triyagan, di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah (Jateng), Jumat (11/3/2016).

Solo, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan tiba-tiba menyambangi gudang Bolog Triyagan, di Karanganyar, Solo, Jawa Tengah (Jateng), usai memberikan kuliah umum pada Sidang Senat Terbuka Dalam Rangka Lustrum ke-8 Universitas Sebelas Maret. Kedatangan Jokowi bersama rombongan terbatas untuk meninjau sekaligus mengecek kesiapan gudang Bulog ini dalam menyambut panen raya.

“Sebelumnya kita sudah kirim orang sebetulnya ke Jateng sebagian. Ke Jabar juga sebagian sehingga dapat informasi itu saya mendadak ke sini memang mau cek betul urusan beras kita ini,” ujar Jokowi saat ditanya wartawan, Jumat (11/3/2016).

Presiden Jokowi mendapat informasi bahwa petani yang panen banyak tidak bisa terserap dengan baik. Padahal di gudang beras ini sudah dilengkapi alat pengering berkapasitas 80 ton sehari. Permasalahan ini yang akan hendak diketahui sehingga ia dan jajarannya bisa membantu mencarikan solusi bersama.

“Ada masalah apa, entah gabahnya yang kurang kering atau masalah sulit. Tapi memang kesiapan Bulog itu sendiri untuk pengering memang ada, mesin pengering di situ sehari bisa 80 ton, tapi ini satu minggu baru bisa 20 ton. Ini problem di lapangan,” ungkap Jokowi.

Mestinya menurut Jokowi dengan serapan gabah yang banyak dari petani bisa membuat harga lebih stabil. Akan tetapi untuk membenahi masalah itu belumlah terlambat, masih waktu 2 bulan untuk menyerap produksi petani karena sebentar lagi panen raya sehingga diharapkan stok beras di Bulog nanti pada posisi kecukupan.

“Tapi antara kebijakan di atas dan praktek pembelian di bawah ini akan kita itukan. Betul-betul sesuai target dan harga juga bisa naik dan Bulog sebagai lembaga yang mengatur stabilisasi harga bisa terlaksana,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.