Jumat, 19 April 24

Jokowi Serahkan Demo di KPU kepada Polisi dan TNI

Jokowi Serahkan Demo di KPU kepada Polisi dan TNI
* Presiden Jokowi (Foto: IG Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Massa pendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno direncanakan menggelar Aksi 22 Mei di depan kantor KPU, Jakarta, guna menuntut kecurangan Pemilu 2019. Di mana pada saat bersamaam KPU juga akan mengumumkan hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019.

Menyikapi rencana Aksi 22 Mei itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga pasangan calon (paslon) nomor urut 01 mengaku menyerahkan sepenuhnya kepada aparat Kepolisian dan TNI. Sebab mereka tugasnya adalah mengamankan ketertiban masyarakat.

“Itu urusan polisi dan TNI lah,” ujar Jokowi di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (19/5/2019).

Jokowi menegaskan Pemilu sudah dilakukan. Rakyat kata dia, sudah memberinkan hak demokrasinya dengan baik. “17 April yang lalu rakyat sudah berkehendak, sudah memutuskan, ya kan. Setelah itu ada proses, proses perhitungan, prosesnya itu semua diikuti, karena semua proses demokrasi seperti itu,” tandasnya.

Maka itu, jika telah dihitung maka KPU tentu akan menetapkan pemenang Pilpres. “Kalau tidak puas, yang namanya kalah ya mesti tidak puas. Enggak ada yang kalah itu puas, enggak ada. Kalah itu pasti enggak puas,” ucapnya.

Jika menemukan kecurangan, lanjut Jokowi, maka jalurkanya adalah dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Sedangkan jika ada sengketa, bisa dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Ini kan mekanisme menurut konstitusi, mekanisme yang sudah disepakati bersama-sama di DPR, semua fraksi ada semua, semua partai ada, jangan aneh-aneh lah,” tutupnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.