Kamis, 25 April 24

Jokowi Sebut Reformasi Peradilan MA Berdampak pada Kemajuan Ekonomi

Jokowi Sebut Reformasi Peradilan MA Berdampak pada Kemajuan Ekonomi
* Presiden Joko Widodo pada acara Sidang Pleno MA RI di Jakarta, Rabu 27/2/2019. (setkab.go.id)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan, ada peran penting lembaga peradilan di bawah Mahkamah Agung (MA) dalam beberapa lompatan kemajuan Indonesia saat ini. Termasuk dalam bidang ekonomi dan investasi.

Jokowi mencontohkan, adalah peringkat kemudahan berusaha Indonesia yang naik drastis. Kemudahan berusaha dicapai oleh Indonesia, salah satu melalui deregulasi berbagai peraturan. Baik peraturan di tingkatan daerah seperti peraturan daerah (perda), hingga di level pusat.

 

Baca juga:

Kader Golkar Wajib Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Kampanye Hitam Jelekkan Jokowi, Polisi Tetapkan Tersangka Ibu-ibu di Karawang

Sri Mulyani Sebut Tiga Kartu Baru Jokowi Tak Bebani Anggaran

 

“Seperti lompatan kemajuan peringkat Indonesia dalam ease of doing business dari peringkat 120 menjadi peringkat 73. Di situ ada peran penting dari reformasi di lembaga peradilan yang dipimpin MA,” kata Presiden Jokowi saat memberi sambutan pada laporan tahunan MA, di JCC, Jakarta, Rabu (27/2/2019).

Kepala Negara menambahkan di tingkat pusat, beberapa peraturan menteri hingga peraturan presiden, juga diubah atau dicabut. Sebab dianggap menghambat iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia.

“Untuk itu dalam kesempatan yang baik ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MA serta keberhasilan MA dalam melakukan berbagai terobosan turut menjadi kunci dalam keberhasilan Indonesia melakukan berbagai lompatan kemajuan dalam beberapa tahun terakhir,” jelasnya.

Dalam beberapa kesempatan, Jokowi tetap menargetkan agar kemudahan berusaha di Indonesia terus naik. Bahkan, ia mengatakan kemudahan berusaha ditargetkan mencapai peringkat 40, dan terus naik. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.