Sabtu, 1 Oktober 22

Jokowi Sebut Bantuan Sudah Diberikan Kepada Korban Gempa Aceh

Jokowi Sebut Bantuan Sudah Diberikan Kepada Korban Gempa Aceh
* Presiden menjenguk korban gempa di Pidie Jaya, Aceh.

Meureudu, Obsessionnews.com – Dalam kesempatan meninjau posko pengungsian di halaman Kantor Bupati Pidie Jaya, Aceh, Presiden Jokowi memastikan bahwa bantuan pemerintah untuk seluruh korban bencana gempa bumi Aceh sudah diberikan baik untuk santunan korban meninggal dunia maupun korban luka yang masih dirawat di rumah sakit.

“Ya yang pertama tadi untuk korban yang meninggal bantuan sudah langsung diberikan tadi semuanya. Kemudian yang masih dirawat di RS bantuan semua sudah saya berikan langsung,” ujar Jokowi kepada wartawan, Jumat (9/12/2016).

Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran untuk bantuan pembangunan fisik yang mengalami kerusakan seperti gedung sekolah, pesantren, kantor, masjid dan perbaikan rumah warga. Presiden Jokowi memastikan bahwa penanganan korban bencana gempa Aceh saat ini terus berjalan dan dilakukan dengan baik.

“Pemerintah pusat akan bantu, yang rusak berat dibantu Rp40 juta, yang rusak sedang ringan dibantu Rp20 juta. Agar segera itu bisa nantinya dipakai untuk stimulan membangun kembali rumah yang ada,” katanya.

Untuk bantuan bagi kerusakan sejumlah rumah warga, Presiden menerangkan bahwa saat ini masih dilakukan verifikasi dan pendataan terhadap bangunan yang mengalami kerusakan. Guna menunjang kegiatan belajar mengajar yang harus terus berjalan, pemerintah untuk sementara waktu akan menyiapkan tenda atau lokasi khusus bagi para murid dan guru.

Pemerintah membagi tanggung jawab sesuai bidang masing-masing. Untuk kerusakan kantor pemerintahan dan juga masjid akan langsung ditangani oleh Kementerian PUPR. Sementara perbaikan gedung-gedung sekolah akan ditangani Kemendikbud.

“Langsung akan dikerjakan. Dibersihkan langsung dikerjakan Kementerian PU dan Kemendikbud,” pungkas Presiden.

Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), dan langsung mengunjungi lokasi gempa bumi di tiga kabupaten, yakni Pidie, Pidie Jaya dan Bireuen, untuk melihat penanganan di lapangan termasuk bantuan-bantuan yang akan diberikan kepada para korban.

Pertama, presiden meninjau RSUD Tengku Chik Ditiro Sigli, Jln. Profesor A Madjid Ibrahim, Sigli Kabupaten Pidie, sambil menjenguk para korban yang menjalani rawat inap sekaligus memberikan bantuan kepada mereka.

Presiden melanjutkan kegiatannya dengan meninjau Masjid At-Taqarrub di Trienggadeng Pidie Jaya. Setelah itu, meninjau posko penampungan pengungsi di halaman Masjid Al Munawwarah di Jln. Banda Aceh Medan, Desa Meunasah Bie, Kecamatan Meurah Dua, Pidie Jaya. Di lokasi ini Presiden memberikan santunan kepada ahli waris atau korban meninggal dunia.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga meninjau Yayasan pendidikan Islam Al-Aziziyah dan pesantren Mudi Mesra, di Jln. Pesantren, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen. Lalu sebelum kembali ke Banda Aceh, Presiden Jokowi melaksanakan sholat jumat di Masjid Besar Samalanga.

Mendampingi Presiden Jokowi antara lain, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BNPB Willem Rampangilei, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Plt Gubernur Aceh Soedarmo. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.