Minggu, 24 Oktober 21

Jokowi Resmikan Operasi Bendungan Nipah

Jokowi Resmikan Operasi Bendungan Nipah

Sampang, Obsessionnews – Presiden Jokowi meresmikan proyek bendungan Nipah di Sampang, Jawa Timur, Sabtu (19/3/2016). Bendungan Nipah ini dibangun untuk dapat berfungsi dalam umur layanan 50 tahun. Oleh sebab itu, menurut Presiden pengelolaan bendungan yang berkelanjutan menjadi keharusan.

“Tahun lalu kita putuskan dipotong sehingga bisa dioperasikan kalau tidak dioperasikan kita takut seperti Jatigede yang 50 tahun tidak terselesaikan,” kata Jokowi saat sambutan.

Presiden menyatakan bahwa manfaat yang dari bendungan ini antara lain Irigasi sawah seluas 1.150 Ha. Sawah-sawah itu terdiri dari 925 Ha sawah baru yang merupakan pengembangan sawah tadah hujan dan 225 Ha merupakan areal sawah existing. Disamping itu, Waduk Nipah ini juga dapat berfungsi sebagai konservasi sumber daya air dan daerah wisata serta perikanan air tebar.

“Nanti kalau sudah ada airnya dan pembebasan lahan bisa diperluas tampungan airnya,” ujar Jokowi.

Untuk menjaga keberlanjutan ini, Daerah Tangkapan Air Bendungan Nipah dipelihara dengan memperhatikan sistem konservasi yang baik. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah perbandingan debit maksimum dan debit minimum di bawah 50, laju sedimentasi maksimum 2 mm/tahun, dan rasio ruang terbuka hijau minimal 30 persen.

Bendungan Nipah dibangun di Desa Tabanah, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, atau tepatnya di Pantai Utara Sampang, 60 km dari Kota Bangakalan.

Bendungan ini sudah di studi sejak tahun 1973 kemudian mulai pembebasan lahan 1982. Tahun 1993 masyarakat tidak berkenan sehingga berhenti. Dibangun tahun 2004 dan selesai pada tahun 2008, namun karena terkendala pembebasan lahan, proses pengisian baru dimulai pada 10 Oktober 2015. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.