Senin, 6 Mei 24

Jokowi Putuskan Pemenang Proyek Kereta Cepat Pertengahan September

Jokowi Putuskan Pemenang Proyek Kereta Cepat Pertengahan September

Pontianak, Obsessionnews – Proyek kereta api super cepat Jakarta-Bandung menjadi ajang perebutan dua raksasa ekonomi nomor dua dan tiga dunia yakni China dan Jepang. Namun presiden Jokowi masih membutuhkan waktu untuk menimbang-nimbang tawaran kedua negara, sebelum mengambil keputusan.

“Kereta cepat masih dinilai, masih dalam proses penilaian nanti konsultan internasional setelah itu diberikan tim penilai di pemerintah setelah itu ada rekomendasi masuk ke saya baru kita putuskan,” ujar Jokowi di Pontianak, Kalbar, Sabtu (22/8/2015).

Jokowi menunjuk tim independen dari Jerman dan Perancis untuk menilai hasil dari studi kelayakan masing-masing pihak berikut teknologi kedua negara dalam proyek kereta api super cepat. Tim independen ini juga akan menilai prospek proyek ini ke depan dalam era keterbukaan ekonomi.

“Kita harapkan akhir bulan atau maksimal paling lambat pertengahan September sudah selesai,” terangnya.

Dengan persaingan antara China dan Jepang, Indonesia akan mendapat keuntungan dengan mendapat tawaran yang kompetitif. Namun keuntungan itu juga membuat Indonesia berasa pada posisi sulit. Indonesia tidak bisa mengabaikan salah satu negara begitu saja karena baik China dan Jepang, sangat dibutuhkan Indonesia dalam berbagai bidang.

Sebelum mengambil keputusan, Jokowi terus mencermati soal anggaran termasuk jika melibatkan pembiayaan dari APBN yang kemudian pasti akan membebankan. Jokowi juga terus melakukan hitung-hitungan keuntungan dan kerugian jika proyek kereta api super cepat itu sepenuhnya dibiayai oleh China atau Jepang dan dengan demikian menjadi utang Indonesia jika kemungkinan terburuk proyek itu menjadi gagal.

Bila proyek kereta api cepat itu terealisasi, maka perjalanan Jakarta-Bandung bisa ditempuh hanya dalam waktu setengah jam. Itu sesuatu memang luar biasa. Dengan kecepatan itu, ada harapan bahwa masyarakat akan berbondong-bondong memanfaatkan kereta api berkecepatan 200 KM per jam ini. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.