Rabu, 24 April 24

Jokowi Pun Ikut Demam ‘Om Telolet Om’

Jokowi Pun Ikut Demam ‘Om Telolet Om’
* Presiden Jokowi.

Karawang, Obsessionnews.com – Indonesia menjadi sorotan dunia dengan munculnya Fenomena ‘Om Telolet Om’. Jika kita membuka media sosial saat ini, linimasa mungkin akan dipenuhi dengan guyonan lucu ‘om telolet om’. Sebagian mulai mengeluh ‘Aduh apa sih!’ tapi sebagian lagi ikut dalam keriangannya.

‘Om telolet om’ adalah sebuah teriakan yang biasa diucapkan oleh anak-anak di pinggir jalan ketika sebuah bus melintas dengan harapan sopir akan membunyikan klakson yang unik. “Telolet telolet,” begitu bunyinya. Ada yang mengatakan mendadak jadi populer pada Selasa (20/12/2016) malam, setelah berbagai disc jockey (DJ) terkenal mencuitkannya. Tapi sebelum itu, video-video lucu memperlihatkan orang-orang meminta ‘telolet’ ke supir bus yang sudah lebih dulu viral di Facebook.

Tampaknya ada tren ‘telolet challenge’ dan ‘demam telolet’ yang sudah beberapa pekan menggerilya dari satu akun ke akun lain. Dalam video-video yang memancing tawa itu, terlihat ekspresi kegembiraan tersendiri ketika anda berhasil meminta supir membunyikan klakson dengan lambaian tangan dan teriakan, “Om telolet ommmmmm!” beramai-ramai.

Tak ada yang bisa lepas dari jeratan ‘om tolelot om’, bahkan Presiden Jokowi tak ketinggalan mengeluarkan komentarnya. Presiden mengatakan bahwa ini berasal dari contoh kesederhanaan rakyat dalam mencari sebuah hiburan.

“Sebuah kesenangan, sebuah kebahagiaan dari rakyat untuk memperoleh sebuah hiburan atau sebuah hobi, saya kira sangat bagus sekali,” kata Presiden Jokowi seusai menghadiri acara Deklarasi Pemagangan Nasional menuju Indonesia Kompeten, di Karawang, Jawa Barat, Jumat (23/12/2016).

Menurut Presiden, melakukan sesuatu hal yang sederhana dan dapat sesegera mungkin diketahui oleh dunia merupakan bukti kekuatan media sosial yang tak bisa dibendung kecepatannya. “Ya ini kekuatan dan potensi media sosial yang kita lihat,” imbuhnya.

Fenomena ‘om telolet om’ menjadi buah bibir di kalangan netizen di berbagai belahan dunia berawal dari video yang beredar di media sosial mengenai kebiasaan anak-anak di sekitar Jepara, Jawa Tengah, yang meminta supir bus yang melintas untuk membunyikan klaksonnya. Bahkan ada juga yang sengaja menulis tulisan besar ‘om telolet om’ agar dibaca oleh supir bus.

Semenjak itu, video ‘om telolet om’ semakin menjadi viral di dunia maya. Demam itu tidak hanya di tanah air, tapi juga sampai ke telinga selebritas mancanegara. Sebut saja Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers sempat-sempatnya terlibat dalam perbincangan seputar ‘om telolet om’ dalam akun resmi media sosialnya.

Situs tangga lagu Billboard bahkan menangkap fenomena yang menjangkiti sejumlah DJ tersebut. Mereka menanyakan arti dari frase ‘om telolet om’ yang sedang ramai di Indonesia. Billboard menduga ramainya perbincangan para DJ kenamaan terkait dengan bunyi klakson bus itu identik dengan suara efek instrumen elektronik yang biasa mereka pakai.

Fakta dari suara klakson bus yang berbunyi telolet tersebut sebenarnya sudah ada sejak enam tahun yang lalu. Lalu pertama kali ada di Jawa Timur dan diikuti beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Para pemburu telolet yang kebanyakan anak-anak remaja selalu mengacungkan jempolnya sembari berkata ‘Om Telolet Om’, dengan harapan pengemudi bis mau membunyikan klakson teloletnya.

Fakta selanjutnya, lomba klakson telolet pernah dilombakan di Sun City Mall, Madiun, Jawa Timur. Pemburu klakson telolet bahkan hingga nekat masuk ke jalan tol, seperti yang pernah terjadi di jalan tol Gayamsari, Semarang. Fakta yang terakhir, pemburu klakson dilarang menyalakan flash kamera, agar tidak mengganggu pengemudi bis yang sedang melaju. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.