Sabtu, 7 Desember 19

Jokowi Pidato Bahasa Inggris 14 Menit Tanpa Teks di CEO Summit APEC

Jokowi Pidato Bahasa Inggris 14 Menit Tanpa Teks di CEO Summit APEC

Beijing – Presiden Jokowi didaulat sebagai pembicara pertama dalam pembukaan forum CEO Summit APEC 2014 di Beijing, Tiongkok, Senin (10/11/2014). Dalam forum internasional pertama bagi presiden ke-7 RI itu, Jokowi berbicara selama 14 menit tanpa teks.

Jokowi mengawali pembicaraan dengan memperkenalkan Indonesia kepada pengusaha yang tergabung dalam negara-negara APEC, termasuk Indonesia. Sebuah layar presentasi pun disediakan di sisi kanan dan kiri.

“Penduduk Indonesia 246 juta, sebarannya di 17.600 pulau seperti dari kota London ke Turki,” ujar Jokowi.

Tanpa grogi, Jokowi berbicara menggunakan bahasa Inggris cukup fasih. Dia mengingatkan para pengusaha bahwa ada peluang investasi di Indonesia yang bisa dimanfaatkan ke depan.

“Kami ingin bangun 20 bendungan, 24 pelabuhan. Kami juga akan bangun kereta api di Sumatera, Kalimantan, dan Papua,” katanya

Tak lupa sambutan hangat dari peserta forum ketika Jokowi mengajak mereka berinvestasi di Indonesia. “Ini kesempatan bagi Anda semua untuk berinvestasi,” ucap Jokowi.

Hadir mendampingi presiden yakni Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rachmat Gobel, Sekretaris Kabinet Andi Widjadjanto, serta Wakil Ketua DPD GKR Hemas. (Has)

 

Related posts