Jumat, 26 April 24

Jokowi: Persiapan AG 2018, GBK Wajib Direnovasi

Jokowi: Persiapan AG 2018, GBK Wajib Direnovasi

Jakarta, ObsessionnewsPresiden RI Jokowi meminta agar Stadion Gelora Bung Karno (GBK) segera direnovasi untuk persiapan Pesta Olahraga Negara-negara Asia atau Asian Games (AG) ke-28 tahun 2018 mendatang.

“Sesuai dengan laporan, Jakabaring (Palembang), DKI Jakarta, dan Jawa Barat, siap semuanya sesuai jadual. Termasuk renovasi GBK), karena GBK ini adalah cagar budaya,” ujar Pramono Anung, Sekertaris Kabinet, seperti dilansir laman setkab.go.id, Selasa (03/04/2016).

baca juga:

Tinggalkan GBK, Jokowi Sebut Arema VS Persib Seru

Anggaran Renovasi GBK Rp500 Miliar

Renovasi GBK oleh Kementerian PU-Pera

Menurut politisi PDI Perjuangan itu, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga menyampaikan untuk dilakukan penyesuaian perbaikan yang lebih baik.

“Jokowi mewanti-wanti supaya tidak ada sekat-sekat lagi, tidak ada pagar-pagar lagi di Senayan. Karena sekitar GBK itu semuanya terlalu banyak pagar sehingga satu tempat dan lain tempat terhambat,” kata Pramono.

Untuk yang berkaitan dengan estetika dan juga kandungan dalam negeri untuk renovasi GBK, Presiden betul-betul menekankan untuk diperhatikan.

Menurut Pramono, saat kunjungan ke London, Inggris, dua minggu lalu, Jokowi sempat melihat langsung Queen Elizabeth Olympic Park, tempat penyelenggaraan London Olympic tahun 2012.

“Saya melihat, saat ini, kawasan Olympic Park tersebut, setelah Olimpiade berakhir bukan hanya jadi pusat olahraga tapi telah menjadi area publik (public space) bagi masyarakat London,” ujar Presiden Jokowi sebagaimana dikutip Pramono.

Presiden berharap, renovasi GBK ini nantinya juga bisa menjadi landmark Kota Jakarta, landmark Indonesia yang kemanfaatan publiknya dapat berlangsung untuk jangka panjang.

”Jadi bukan hanya bermanfaat untuk penyelenggaraan Asian Games saja,” kata Presiden.

Presiden juga mengingatkan perlunya diperhatikan standarisasi serta kualitas bahan dari infrastruktur yang direnovasi. Penggunaan produk dalam negeri dan memperhatikan aspek estetika desain juga diperlukan.

“Khusus estetika desain, GBK harus betul-betul memiliki nilai tambah, memiliki karakter sebagai nation heritage yang bersejarah,” ucap Presiden. @reza_indrayana

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.