Minggu, 19 September 21

Jokowi Perintahkan Menterinya Percepat Penyerapan Anggaran

Jokowi Perintahkan Menterinya Percepat Penyerapan Anggaran

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar proses tender dan lelang dapat segera dimulai terutama yang berkaitan dengan belanja modal dan infrastruktur. Instruksi itu disampaikan setelah APBN 2016 mendapat persetujuan dari DPR.

“Terutama belanja  infrastruktur Kementerian PU, Perhubungan, Pertanian, ESDM, ini segera dilelang, ditenderkan,” ujar Jokowi dalam sidang kabinet paripurna di kantor Presiden, Jakarta, Senin (2/11/2015).

Jokowi mengatakan dengan proses tender dan lelang yang dilakukan secepatnya, maka pada Januari 2016 tandatangan kontrak dan uang muka sudah bisa dicairkan. Dengan demikian diharapkan terjadi kontraksi ekonomi gara-gara keterlambatan penyerapan anggaran.

“Kita dalam melaksanakan pekerjaan-pekerjaan belanja modal  utamanya di bidang infrastruktur,” kata Jokowi.‎

Ia mengutarakan bahwa dirinya telah menerima laporan dari Menteri Keuangan dimana serapan anggaran sudah mencapai 70%. Para menterinya diminta berkonsentrasi melihat secara detail yang bisa secepatnya segera dilakukan untuk penyerapan anggaran ini.

“Segera putuskan dan lakukan agar target serapan anggaran tahun 2015 ini segera bisa kita lakukan. Dan target antara 92, 93 dan 94 persen itu benar-benar bisa kita capai,” kata dia.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.