Senin, 18 Oktober 21

Jokowi: Pemerintah Siap Tanggulangi Kemiskinan

Jokowi: Pemerintah Siap Tanggulangi Kemiskinan
* Presiden Jokowi memimpin rapat.

Jakarta, Obsessionnews – Setelah memimpin rapat terbatas di Istana, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pemerintah berkomitmen untuk melakukan penanggulangan kemiskianan dan persoalam ketimpangan ekonomi. “Saya menegaskan komitmen pemerintah untuk terus mengatasi kemiskinan dan ketimpangan, baik ketimpangan antar warga maupun ketimpangan antar daerah,” paparnya, Rabu sore (16/3/2016).

Melalui pidatonya, Jokowi menginginkan semua kebijakan dan program dalam penanggulangan kemiskinan dan ketimpangan dapat dijalankan secara terpadu. Bukan saja itu, tapi juga dapat terintegrasi antar kementerian, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keungan (OJK) dan Bulog.

Jokowi mengakui meningkatnya angka kemiskinan saat ini disebabkan pertumbuhan ekonomi yang lamban. “Hal-hal yang berkaitan dengan dua hal tadi, perlambatan ekonomi dan masalah harga pangan khususnya beras itu harus betul-betul menjadi perhatian kita,” tegasnya.

Menurutnya, harga pangan yang tidak stabil dengan mudah akan menghilangkan semua dampak positif program-program dalam pengetasan ekonomi. Jokowi juga berharap program perlindungan sosial bisa membantu masyarakat melalui Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, dan Kartu Keluarga Sejahtera.

“Program perlindungan sosial harus dipastikan terdistribusi tepat sasaran. Dan saya inginkan laporan seluruh kartu itu nanti harus tuntas pada bulan April yang akan datang. Program dana desa juga sama, harus bermanfaat untuk kepada rakyat desa dan dikerjakan dilakukan pada rakyat desa. Sehingga ini akan memberikan daya beli kenaikan daya beli rakyat di desa,” harapnya.

Melalui Pidato pada Ratas Program Penanggulangan Kemiskinan dan Persoalan Ketimpangan Ekonomi, Jokowi juga berharap perbangkan yang berkaitan dengan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan pajak berperan aktif. “Saya senang sekali karena serapan dari KUR yang bunganya sekarang ini hanya 9% itu dipasarkan dengan baik. Saya juga ingin ada laporan, tetapi yang saya ikuti uangnya sudah banyak keluar,” sindirnya.

Agar pemberian bantuan tepat sasaran, Jokowi menegaskan semua program yang diagendakan dapat terintegrasi dengan baik. “Sekali lagi saya tegaskan, terintegrasi, terpadu sehingga semua yang berkaitan, baik berkaitan data betul-betul terverivikasi dan tervalidasi. Dan pengawasan, pemantauan program betul-betul lapangannya dikuasai sehingga pelaksanaan di lapangan nantinya bisa kita pantau,kita awasi,” serunya. (Asma)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.