Selasa, 23 April 24

Jokowi: Pemangkasan 1 Juta PNS akan Dilakukan Jangka Panjang

Jokowi: Pemangkasan 1 Juta PNS akan Dilakukan Jangka Panjang

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi menegaskan pemerintah sedang menggodok program rasionalisasi 1 juta pegawai negeri sipil. Program rasionalisasi PNS ini dilakukan secara alami supaya belanja pegawai lebih efisien.

“Ya itu kalau dilakukan seperti itu, suatu saat tercapai, sehingga betul-betul isi kualitas, kemudian belanja lebih efisien bisa dilakukan,” ujar Jokowi di gedung Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Jokowi mengaku program ini disiapkan bukan hanya untuk tahun ini, melainkan jangka panjang. Artinya kata Jokowi, misal 1 tahun pensiun 120 ribu, maka pada tahun ke 5, pemerintah hanya akan menerima 60 ribu hingga nanti berkurang sampai 1 juta PNS.

“Tapi memang itu rencana dan konsep dari menpan memang belum saya terima,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengklarifikasi berita yang menyebut bahwa pemerintah akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) sebanyak 1 juta pegawai negeri sipil (PNS).

Berita itu, menurut Jokowi, tidak benar. Presiden meluruskan, pemerintah memang akan melakukan rasionalisasi PNS. Namun, hal itu tidak dilakukan dengan cara PHK, melainkan dengan cara memperketat seleksi penerimaan calon PNS. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.