Sabtu, 25 September 21

Jokowi: Percuma Pertumbuhan Ekonomi 5% Kalau Inflasi Masih Tinggi

Jokowi: Percuma Pertumbuhan Ekonomi 5% Kalau Inflasi Masih Tinggi

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong peran serta semua stakeholders untuk mengejar target inflasi di bawah angkat 5 persen pada 2017. Jokowi mengatakan percuma kalau pertumbuhan ekonomi RI tumbuh 5 persen tapi inflasi masih saja tinggi.

“Pertumbuhan ekonomi sangat penting, tapi pengendalian inflasi juga sangat penting. Percuma pertumbuhan ekonomi 5 persen, tapi inflasi 12 persen, enggak ada artinya,” ujar Jokowi dalam rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu (27/5/2015).

Presiden menilai apabila inflasi terdongkrak hingga 12 persen, hal itu akan mempengaruhi daya beli masyarakat. Sebaliknya jika pertumbuhan ekonomi mencapai lima persen dan inflasi bisa ditekan di bawah lima persen, akan sangat bagus untuk masyarakat.

“Artinya masyarakat bisa nikmati sebuah perbedaan inflasi dengan angka pertumbuhan ekonomi itu,” terangnya.

Jokowi mengharapkan target inflasi Indonesia ke depan dapat setara dengan angka inflasi di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand. Karena menurutnya tingkat inflasi Indonesia saat ini termasuk yang masih tinggi.

“Di 2014, inflasi kita 8,3 persen karena tadi disampaikan Malaysia di bawah 1 persen. Kemudian Filipina juga di bawah 5 persen. Hampir semua di bawah 5 persen. Kita saja yang di atas 5 persen,” katanya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.