Minggu, 26 Januari 20

Jokowi Pastikan Tak Keluarkan Perppu KPK, Begini Alasannya

Jokowi Pastikan Tak Keluarkan Perppu KPK, Begini Alasannya
* Presiden Jokowi. (Foto: Twitter Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan tidak akan mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (perppu) untuk mencabut Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK. Meski banyak pihak yang menolak.

Jokowi tak mau menertibkan Perppu karena ingin melihat terlebih dulu implementasi dari UU KPK yang baru itu. Jokowi ingin membiarkan UU itu berjalan dulu sesuai dengan kondisi lapangan.

“Sampai detik ini kita masih melihat, mempertimbangkan, tapi kan UU-nya belum berjalan,” kata Jokowi usai menghadiri pentas drama antikorupsi di SMKN 57, Jakarta, Senin (9/12/2019).

Salah satu yang ingin dilihat oleh Jokowi adalah kinerja Dewan Pengawas KPK dengan pimpinan KPK yang baru. Jokowi ingin melihat sejauh mana efektivitas dewan pengawas bekerja.

Saat ini, Jokowi masih menimbang sejumlah nama yang akan menjadi Dewan Pengawas KPK. Nama yang terpilih akan dilantik bersama pimpinan KPK baru periode 2019-2023 pada 21 Desember mendatang.

“Kalau nanti sudah komplet, sudah ada dewan pengawas, sudah ada pimpinan KPK yang baru, nanti kami evaluasi, lah,” ujar Jokowi.

Berbeda dengan sekarang, Jokowi sebelumnya beralasan tak menerbitkan Perppu KPK karena menghormati proses uji materi UU KPK yang tengah berjalan di Mahkamah Konsitusi.

“Kita melihat masih ada proses uji materi di MK. Kita harus hargai proses seperti itu. Jangan ada uji materi ditimpa dengan keputusan yang lain. Saya kira kita harus tahu sopan santun dalam ketatanegaraan,” kata Jokowi saat berbincang dengan wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (1/11/2019). (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.