Jumat, 7 Oktober 22

Jokowi Niat Gabung dengan Liberal ‘TPP’

Jokowi Niat Gabung dengan Liberal ‘TPP’

Obsessionnews – Presiden RI Jokowi Widodo setelah mengadakan pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Senin 26 Oktober 2015, mengatakan negara Indonesia berniat bergabung dengan kemitraan Trans Pacific Partnership (TPP) yang beranggotakan 12 negara, yakni Amerika Serikat, Brunei Darussalam, Chili, Selandia Baru, Singapura, Australia, Kanada, Jepang, Malaysia, Meksiko, Peru, Vietnam.

“Kami adalah ekonomi terbesar di Asia Tenggara, dan Indonesia akan bergabung dengan TPP,” kata Jokowi melalui penterjemah, seperti dilansir Reuter, Senin (26/10/2015).

Perwakilan Kamar Dagang AS Michael Froman mengatakan Amerika Serikat akan terus berbagi informasi tentang TPP, yang akan menetapkan standar umum tentang isu-isu mulai dari hak-hak pekerja untuk perlindungan kekayaan intelektual.

“Seperti yang telah kami katakan dari awal, TPP dimaksudkan untuk menjadi sebuah platform terbuka dimana negara-negara lain yang mampu dan bersedia untuk memenuhi standar berpotensi yang  dapat menentukan,” katanya pada pertemuan puncak bisnis yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang AS.

Lebih luas, Indonesia memiliki pekerjaan yang harus dilakukan pada pemotongan pita merah, mengatasi hambatan seperti konten lokal dan persyaratan kemasan lokal, menghilangkan impor dan ekspor pembatasan dan melindungi hak kekayaan intelektual, kata Froman.

Kedua pemimpin juga membahas perubahan iklim, memperkuat kekuatan keamanan maritim Indonesia dan kebakaran hutan di Indonesia.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia mengatakan bahwa Widodo akan mempersingkat perjalanan ke Amerika Serikat untuk mengatasi “krisis kabut asap” yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Jokowi juga menjelaskan, akibat kabut asap terjadi perubahan iklim dirasakan oleh Indonesia. (Popi Rahim)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.