Kamis, 11 Agustus 22

Jokowi Nasihati Tiga Pasangan Cagub DKI

Jokowi Nasihati Tiga Pasangan Cagub DKI
* Presiden Jokowi.

Jakarta, Obsessionnews.com – Haul ke-7 presiden keempat RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, turut dihadiri tiga pasangan calon Gubernur DKI Jakarta. Yakni pasangan nomor urut 1 Agus Harimurti Yudhoyono-Silviana Murni dan pasangan nomor urut 2 Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat hadir. Adapun pasangan nomor urut 3, hanya terlihat kehadiran Anies Baswedan.

Sementara Presiden Jokowi menyempatkan diri untuk mengabsen kehadiran tiga pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Hal itu dilakukan Presiden saat menyampaikan sambutan pada acara yang digelar di kawasan Ciganjur, Jakarta, Jumat (23/12/2016) itu.

“Di sini hadir pasangan calon gubernur semuanya. Diabsen dulu, coba berdiri,” kata Presiden.

Jokowi lalu meminta kelimanya yang duduk berjejer untuk berdiri. Hal itu membuat tepuk tangan riuh para hadirin. Kelima cagub dan cawagub DKI yang hadir pun langsung menebar senyum ramah kepada para hadirin. Melihat kebersamaan kelima cagub-cawagub DKI itu, Jokowi pun tampak senang.

“Lha mbok begitu, yang rukun. Wong kita ini saudara sebangsa setanah air. Persaudaraan itu yang diajarkan oleh Gus Dur,” pinta Presiden yang kemudian disambut tepuk tangan tamu undangan.

Dalam pidatonya, mantan Gubernur DKI mengingatkan agar ketiga cagub itu bersaing secara sehat. Para cagub yang duduk lesehan dan berdekatan diminta berdiri, lalu Jokowi meminta mereka menjaga kerukunan.

Jokowi juga mengkritik kegaduhan di media sosial. Seharusnya, kata Jokowi, rakyat Indonesia mengurangi kegaduhan di media sosial, dan fokus pada hal-hal produktif.

“Kalau itu diterus-teruskan, energi besar kita habis untuk hal-hal yang tidak perlu. Bisa lupa kita strategi besar Negara kita, lupa mensejahterakan rakyat kita, lupa membangun strategi besar ekonomi Negara, industri ke depan, membuka lapangan-lapangan kerja karena kita ribut ribut dan ribut,” kata Jokowi.

Presiden Jokowi menghadiri Haul Gus Dur dengan mengenakan peci hitam, kemeja putih dan dibalut jas hitam dan sarung berwarna putih. Presiden sempat memberikan salam kepada masyarakat. Presiden juga menyalami sejumlah tokoh agama maupun istri almarhum Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid yang menyambut kedatangan Presiden.

Presiden duduk di tengah, persis di sampingnya mantan Wakil Presiden Boediono. Hadir juga beberapa tokoh di antaranya Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Kepala BNP2TKI Nusron Wahid, Yenny Wahid, Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin. Selanjutnya, Mensesneg Pratikno, Menko Maritim Luhut Panjaitan, Mensos Khofifah Indar Parawansa. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.