Rabu, 20 Oktober 21

Jokowi Minta Waduk Gondang Dipercepat Akhir 2017

Jokowi Minta Waduk Gondang Dipercepat Akhir 2017

Solo, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pembangunan Waduk Gondang di Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, dipercepat rampung satu tahun lebih cepat dari target sebelumnya. Pernyataan itu disampaikan Jokowi saat meninjau lokasi pembangunan waduk tersebut, Jumat (11/3/2016).

“Waduk Gondang di Kecamatan Jatirejo, Kabupaten Karanganyer sudah selesai 24 persen, yang kita harapkan nanti akhir tahun depan, kerja pagi siang malam, tiga shift, Insya Allah ini selesai,” kata Presiden Jokowi.

Jokowi mengatakan pemanfataan pembangunan waduk Gondang ini untuk kebutuhan pengairan kurang lebih 4800 hektar sawah di dua wilayah yakni Kabupaten Karanganyar dan Sragen. Sehingga diharapkan bisa membantu petani meningkatkan produksinya.

“Inilah saya kira proses-proses pembangunan waduk-waduk yang telah kita kerjakan dan kita harapkan selesainya waduk, waduk, waduk mustinya akan meningkat baik berkaitan dengan padi maupun produksi lainnya,” ucap Jokowi.

Waduk Gondang dibangun untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan sebagai pengendali banjir di wilayah Karanganyar, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. ‎ Waduk Gondang juga berfungsi untuk menambah pasokan air baku di Kabupaten Karanganyar dan Sragen.

Selama ini daerah irigasi sepenuhnya mengandalkan pasokan air dari Sungai Bengawan Solo sehingga setiap musim kemarau tiba pasokan air akan berkurang dan menimbulkan kekeringan dan gagal panen.

Waduk Gondang direncanakan memiliki volume tampung total 10 juta m3 untuk mengairi daerah irigasi seluas 4 ribu lebih hektar, dan pasokan air baku sebesar 200 liter/detik yang digunakan untuk budidaya perikanan dan pariwisata.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.