Sabtu, 29 Januari 22

Jokowi Minta Pramuka Jadi Pandu Terbaik Dunia

Jokowi Minta Pramuka Jadi Pandu Terbaik Dunia

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo melepas Kontingen Gerakan Pramuka Indonesia ke Jambore Pramuka Dunia XXIII Jepang. Kepada peserta Jambore, Presiden berpesan agar Pramuka Indonesia tampil dengan menunjukkan jati diri, karakter dan profesionalitas seorang Pramuka Indonesia.

Presiden berharap dengan melalui pertunjukan kekayaan seni-budaya, kontingen-kontingen dari negara lain dapat menyaksikan nilai-nilai kepribadian, jati diri, sikap, dan perilaku warga negara Indonesia yang ber-bhinneka tunggal ika.

“Semangat itulah yang menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sampai detik ini.Tunjukkan dengan penuh keyakinan diri, dengan penuh kebanggaan, dengan penuh kecintaan kepada negara dan bangsa Indonesia bahwa Gerakan Pramuka Indonesia adalah salah satu gerakan kepanduan terbaik di dunia,” ujar presiden Jokowi di halaman depan Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Jambore ini akan berlangsung mulai 28 Juli hingga 8 Agustus mendatang di Kirarahama, Yamaguchi, Jepang. Presiden yakin, jiwa juang Pramuka Indonesia tidak kalah dengan gerakan kepanduan dari negara mana pun.

Sepulangnya dari Jambore Dunia, peserta kontingen diharapkan bisa menyebarkan nilai-nilai positif dari pesan yang terkandung dalam “Wa” atau “semangat kesatuan” agar nilai-nilai positif itu hidup di dalam hati setiap generasi muda Indonesia.

“Dengan semangat kesatuan, kita akan siap bahu-membahu memajukan bangsa dan negara,” katanya.

Menurut presiden, Jambore Dunia 2015 di Jepang yang mengangkat tema “Wa” atau “Semangat Kesatuan” sesungguhnya sangat sesuai dengan semangat keindonesiaan yang ingin kita bangun. Nilai yang terkandung dalam semangat itu bukan sesuatu yang baru bagi bangsa kita.

“Sebagai bangsa, kita memiliki Sesanti “Bhinneka Tunggal Ika”. Sesanti ini bahkan telah lama menjadi filosofi tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” lenjut presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.