Rabu, 12 Agustus 20

Jokowi Minta Pemda Dorong Pencapaian Swasembada Pangan

Jokowi Minta Pemda Dorong Pencapaian Swasembada Pangan

Jakarta : Presiden Jokowi meminta Pemerintah daerah supaya dapat mempertanggungjawabkan bantuan yang diberikan pemerintah pusat. Dalam bidang pertanian Jokowi ingin Pemerintah daerah mendukung penuh program swasembada beras yang tengah digalakkan pemerintahan ini.

“Kalau sudah diberi waduk target harus jelas. Itu uang negara dan uang rakyat. Saya yakini dengan cara kerja yang kita lakukan,” ujar Presiden saat dilaturahmi dengan petani di Istana Negara Jakarta, Jumat (16/1/2016).

Segala bentuk bantuan mulai dari anggaran, sarana dan prasarana sudah diberikan pemerintah pusat asalkan target swasembada pangan pada tiga tahun ke depan bisa tercpai. Pemerintah sudah merancang pembangunan bendungan, perbaiki irigasi, penyediaan benih dan pupuk bagi petani.

“Minta apa, tambah traktor beri, benih dan pupuk, dulu benih dan pupuk tidak tepat waktu karena lelang maka Perpres kita ubah, nggak usah pakai lelang, langsung tunjuk,” katanya.

Meski begitu, Jokowi yakin dengan gebrakan yang dilakukan Menteri Pertanian Amran Slaiman. Paling tidak sebelum 3 tahun target swasembada beras sudah bisa tercapai.

“Saya melihat sekarang ini gerakan di sektor pertanian luar biasa. Mentan
nggak pernah di kantor, kalau rapat selalu pamit, ya memang yang betul
seperti itu, nggak negrti masalah di lapangan,” tutur presiden. (Has)

Related posts