Rabu, 11 Desember 19

Jokowi Minta Kerjasama RI – Tiongkok Dikongkritkan

Jokowi Minta Kerjasama RI – Tiongkok Dikongkritkan

Beijing – Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Tiongkok  Xi Jinping di Balai Agung Rakyat, Beijing, Minggu (9/11/2014). Dalam pertemuan ini Presiden Jokowi meminta hubungan kerjasama Indonesia dengan Tiongkok lebih dikongkritkan, supaya hasil dari kerjasama itu bisa memberikan manfaat lebih besar bagi rakyat di kedua negara.

“Indonesia ingin hubungn ini lebih dikongkritkan lagi sehingga nanti kedua negra mendapatkan keuntungan dan juga rakyat Indonesia, rakyat Tiongkok mendapatkan keuntungan dari hubungn kedua negara ini,” ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan hubungan Indonesia  Tiongkok sudah terjalin baik sejak lama dan pertemuan ini merupakan modal bagi kedua negara untuk mempererat hubungn di masa yang akan datang sebagi mitra strategis.

“Hubungan Indonesia Tiongkok sudah beratus-ratus tahun yang lalu dan ini merupkan modal kita untuk mempererat hubungn kita di masa-masa yang akan datang sebagai mitra strategis, kerjasama yang strategis antar kedua negra,” katanya.

Pertemun Jokowi dengan Xi Jingping berlangsung dalam suasana akrab. Xi Jingping mengaku senang Jokowi bisa meluangkan waktu untuk menghadiri KTT APEC di Beijing.

“Saya senang sekali beretemu dan berkenalan dengan yg mulia bapak presiden RI. Selamat datang ke Tiongkok untuk menghadiri KTT APEC. Pertama-tama saya berkenaan mengucapkan selamat sekali lagi atas pelantikannya yang mulia sebagai presiden RI yang baru,” ucap Xi Jingping.

Meski baru manjabat sebgai presiden namun Xi Jingping optimis Indonesia dibawah kepemimpinan Jokowi akan mencapai keberhasilan yang lebih besar dan memainkan peranan yang lebih penting dalam isu regional maupun internmasional.

“Saya berkeyakinan bahwa di bawah kepemimpinan yang mulia, Indonesia akan mencapai keberhasilan yang lebih besar dalam pembangunan negara,” papar dia. (Has)

 

Related posts