Minggu, 5 Desember 21

Jokowi Minta HPDKI Jaga Keberadaan Domba

Jokowi Minta HPDKI Jaga Keberadaan Domba

Bogor, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi meminta agar para peternak yang terhimpun dalam Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) menjaga betul plasma nutfah.

“Plasma nufah harus betul-betul dilindungi dan dijaga, jangan sampai dibeli negara lain,” ujar Jokowi dalam temu wicara bersama peternak domba dan kambing di Kebun Raya Bogor, Sabtu (27/8/2016).

“Keturunan jangka panjang bisa hilang. Proses jangka panjang melindungi plasma nutfah itu. Yang bisa menjaga ternak kita, domba kita, kambing kita adalah Bapak/Ibu semua,” pesan Presiden.

Dalam temu wicara, seorang peternak asal Ciamis menyebutkan bahwa kini domba banyak dibeli oleh pengusaha asal Malaysia.

“Kami menghawatirkan nanti domba Garut nasibnya seperti reog Ponorogo yang diaku sebagai budaya dari negara lain,” ucap peternak tersebut.

Hasan, seorang peternak asal Sulawesi Barat juga mengeluhkan mahalnya memperoleh bibit unggul. Karena terkendala biaya transportasi ke luar daerah.

“Harganya bisa menjadi enam kali lipat dari harga asalnya di Pulau Jawa karena tingginya biaya transportasi,” keluh Hasan. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.