Kamis, 21 Oktober 21

Jokowi Minta Freeport Tingkatkan Komitmen Bangun Papua

Jokowi Minta Freeport Tingkatkan Komitmen Bangun Papua

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Chairman PT Freeport James R Moffett dan Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Sjamsoeddin di Istana Merdeka Jakarta. Dalam kesempatan pertemuan tersebut presiden meminta supaya PT Freeport turut serta berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Papua.

“Komitmennya Freeport harus meningkatkan partisipasinya untuk pengembangan pembangunan ekonomi di Papua,” ujar Maroef Sjamsoeddin usai pertemuan, Kamis (2/7/2015).

Melalui dana CSR PT Feeeport diharapkan dapat membangun sektor-sektor prioritas seperti masalah pendidikan, kesehatan dan UKM. Menurut pensiunan BIN ini pihaknya selama ini sudah membantu masyarakat Papua dengan dana CSR per tahun mencapai 100 juta USD, akan tetap komitmen itu diminta presiden untuk lebih ditingkatkan lagi.

“Ya banyak juga sektor ya kalau di bidang-bidang seperti sekolah, rumah sakit juga kebutuhan masyarakat banyak. Presiden minta ditingkatkan yang sudah ada,” katanya.

Pertemuan Jokowi dengan perwakilan Freeport juga membahas masalah pembangunan smelter senilai 2,3 miliar USD di Gresik, Jawa Timur. Menteri ESDM Sudirman Said mengatakan PT Freeport sudah menyiapkan investasi senilai US$18 miliar, US$2,5 miliar diantaranya untuk smelter, sisanya untuk pembangunan underground mining atau tambang bawah tanah.

“Sesuatu yang merupakan pencapaian bersejarah, karena lebih dari 95% pekerja di Papua itu adalah pekerja indonesia. Jadi beliau (James R Moffett) menyampaikan komitmen itu untuk terus berinvestasi,” jelas Sudirman. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.