Selasa, 26 Oktober 21

Jokowi Minta Dukungan Ceko, Jadi Anggota Tak Tetap DK PBB

Jokowi Minta Dukungan Ceko, Jadi Anggota Tak Tetap DK PBB

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri Republik Ceko Lubomir Zaoralek di Istana Merdeka, Kamis (25/2/2016). Di dalam pertemuan itu, Presiden mengajak Pemerintah Ceko untuk bersama-sama menyebarkan nilai-nilai perdamaian, toleransi dan moderasi.

“Jadi intinya itu tadi yang disampaikan kepada Presiden dan tadi pagi kita bahas berdua tentunya dalam konteks multilateral saling dukung, permintaan dukungan satu sama lain di forum-forum internasional,” ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai pertemuan tersebut.

Pemerintah Indonesia dalam kesempatan tersebut juga meminta dukungan kepada Republik Ceko untuk pencalonan Indonesia sebagai anggota tidak tetap dewan keamanan PBB untuk tahun 2019-2020.

Dalam pertemuan bilateral di kantor Kemlu menghasilkan dua kesepakatan. Pertama adalah kerjasama bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan paspor dinas. Dan kedua adalah kerjasama untuk melakukan konsultasi bilateral secara rutin.

Di bidang ekonomi, hubungan ekonomi Indonesia dengan Ceko mengalami peningkatan, tetapi potensi yang ada masih dapat ditingkatkan. Untuk tahun 2015 angka perdagangan berada di kisaran USD 260 juta.

Untuk itu, kedua pihak sepakat untuk meningkatkan perdagangan dan juga sepakat dalam konteks Uni Eropa. “Sehingga mungkin dalam beberapa bulan ke depan dengan Uni Eropa sudah akan bisa memulai negosiasi untuk Indonesia-EU Comprehensive Economic Partnership Agreement,” pungkas Retno.

Dalam pertemuan itu juga dibicarakan tentang people to people contact, terutama mengenai masalah pertukaran mahasiswa. Sampai tahun 2015 kita sudah memberikan beasiswa kepada mahasiswa Ceko sebanyak 187 orang. Tahun ini, lanjut Retno, diberikan 20 beasiswa kepada mahasiswa Ceko.

“Melalui kontak mahasiswa semacam ini, maka kita akan dapat meningkatkan people to people contact,” ucap Retno.

Selain untuk meningkatkan kerja sama politik, dalam kunjungannya ke Indonesia Menteri Lubomir juga mengusung kerja sama ekonomi, sosial dan budaya dengan membawa 35 delegasi bisnis yang akan berkunjung ke Yogyakarta setelah dari Jakarta.

Di bidang investasi, Menlu Ceko memuji langkah yang dilakukan dalam melakukan deregulasi di bidang ekonomi, dimana telah dikeluarkan 10 Paket Kebijakan Ekonomi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.