Minggu, 8 Desember 19

Jokowi Mau Bangun Zona Ekonomi Terintegrasi Model Tianjin

Jokowi Mau Bangun Zona Ekonomi Terintegrasi Model Tianjin

Beijing : Presiden Joko Widodo melakukan blusukan ke Kota Tianjing, Tiongkok dengan meninjau pelabuhan, pembangkit listrik dan pusat industri terpadu di kawasan tersebut. Perjalanan Jokowi menuju kota Tianjin ditempuh menggunakan kereta cepat dari Beijing.

Setelah melakukan blusukan Jokowi menyatakan tertarik untuk meniru zona industri terintegrasi seperti yang dilihat di kota ini. Ia sangat terkesan dengan kemajuan kota Tianjin. Salah satu penyebab yang membuat Tianjin maju pesat, karena ditunjang oleh zona ekonomi teritegrasi seperti pelabuhan, pembangkit listri dan kawasan industri.

“Saya kira pengalaman inilah yang ingin kita cari dan ingin kita laksanakan di tanah air. Apapun sebuah kota, sebuah negara yang berkembang sangat pesat sekali pasti mempunyai kunci-kunci,” ujar Jokowi dalam perjalanan pulang ke Beijing, Minggu (9/11/2014) malam.

Blusukan pertama Jokowi dengan meninjau proses kerja dan maket fasilitas pelabuhan. Pelabuhan Tianjin adalah pelabuhan terbesar di kawasan utara Tiongkok dan merupakan pintu akses maritim terpenting bagi kota Beijing dengan luas daratan 121 km2.

Setelah itu, Jokowi melanjutkan perjalanan dengan meninjau Tianjin Beijiang Power Plant yang merupakan pembangkit listrik bertenaga batubaradengan kapasitas 2,000 megawatt. Pembangkit tenaga listrik ini adalah salah satu sumber tenaga bagi Kota Tianjin, terutama kawasan Binhai New Area.

“Kota Tianjin kota yang tumbuh pesat karena ditunjang oleh industri, ditunjang oleh pelabuhan, pembangkit listrik dan ditunjang oleh infrastruktur, transportasi dan lain-lainnya, sehingga pertumbuhannya sangat cepat sekali,” puji Jokowi. (Has)

 

Related posts