Jumat, 12 Agustus 22

Jokowi Mampu Tangani Persoalan Papua

Jokowi Mampu Tangani Persoalan Papua

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo, diyakini punya kemampuan menangani persoalan di ujung timur Indonesia. Caranya, memberi keuntungan bagi Irian Jaya dan menemukan kemungkinan terbaik antara Jakarta dan Papua.

Hal tersebut disampaikan mantan Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta yang mengatakan kalau kampanye kemerdekaan Papua tak akan berjalan sukses.

“Saya tidak percaya itu. Mungkin, semuanya bisa saja terjadi, tetapi ia (Papua Barat) adalah betul-betul bagian dari Republik Indonesia,” kata Ramos seperti dilansir ABC News.

Ramos yang kini duduk sebagai perwakilan PBB bilang, bahwa solusi bagi Irian Barat adalah dengan menghentikan kekerasan, penindasan hak azasi manusia, perbaikan ekonomi dan sosial. Makanya, antara Jakarta dan Irian kudu menyadari dalam konteks kedaulatan Indonesia.

Pendapat Ramos bersebrangan dengan para pendukung pro kemerdekaan Papua. Meski kampanye di dalam negeri mampu diredam, kelompok tersebut gencar meneriakkan keinginannya di luar negeri.

“Saya yakin, yang dapat menangani tantangan dan permasalahan di Papua Barat itu adalah Presiden Joko Widodo,” ujar Ramos.

Ramos pun berjanji bakal mendorong tokoh-tokoh Papua Barat agar mengambil keuntungan dari kepemimpinan Jokowi serta menemukan rencana terbaik.(Mahbub Junaidi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.