Kamis, 6 Oktober 22

Jokowi Kunjungi Rumah Evakuasi Inisiatif Masyarakat‎

Jokowi Kunjungi Rumah Evakuasi Inisiatif Masyarakat‎

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah Menteri Kabinet Kerja melanjutkan kunjungan kerja ke Palembang Sumatera Selatan dengan mengunjungi rumah evakuasi balita, Jumat (30/10/2015). Presiden menjelaskan bahwa kunjungan ke rumah evakuasi ini untuk melihat anak-anak yang terkena dampak kabut asap.

“Saya lihat sebuah rumah singgah yang baik karena di dalamya ada tenaga medisnya, ada obatnya, sehingga menjadi komplit,” ujar Presiden Jokowi melalui siaran pers Tim Komunikasi Presiden.

Pembangunan rumah evakuasi yang beralamat di jalan KH. Azhari Lorong Keramat No. 121 RT 4 RW 01 Kelurahan Lima Hulu Laut Kecamatan Seberang Hulu Satu Palembang ini diinisiasi oleh Emmy Hafid, Irma Chaniago, Ririe Moekijat dan Anung Karyadi  serta Walhi.

Jokowi mengatakan untuk menangani masalah kesehatan masyarakat, terutama anak-anak dan balita yang terkena dampak kabut asap, tidak semua pelayanan kesehatan dibiayai oleh pemerintah. ‎Sehingga inisiasi masyarakat sipil ini patut diapresiasi.

‎Rumah evakuasi  ini dibangun sesuai dan memenuhi standar anak dan perempuan yang berada di komunitas miskin dan rentan terhadap paparan asap. Dikelola bersama masyarakat, dan aktifis CSO Sumsel dengan bantuan dari individu-individu nasional.

Saat ini sekitar 20 anak balita yang dirawat di rumah evakuasi. ‎Rumah yang berukuran 5 x 8 m ini dilengkapi pendingin udara dan kedap asap. Di dalam rumah evakuasi ini, selain perawatan dan dua dokter umum, disediakan juga mainan anak-anak.

“Bila dirasa berat, kami merujuknya ke rumah sakit,” kata Ketua RW Alamsyah. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.