Jumat, 29 Oktober 21

Jokowi Klaim Paket Kebijakan Ekonomi Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah

Jokowi Klaim Paket Kebijakan Ekonomi Pengaruhi Nilai Tukar Rupiah
* Presiden Jokowi.

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengklaim menguatnya nilai tukar mata uang rupiah, khususnya terhadap dolar Amerika Serikar (AS), dalam beberapa hari terakhir, merupakan bukti bahwa paket-paket deregulasi yang dikeluarkan pemerintah direspons positif oleh dunia usaha dan investasi.

“Ya kalau ada arus uang masuk ada arus invetasi masuk ya otomatis,” kata Presiden Jokowi kepada wartawan di Jakarta, Kamis (10/3/2016).

Presiden Jokowi menegaskan, bahwa dirinya tidak bisa mengendalikan posisi rupiah ada di angka berapa, karena menurutnya semua dikendalikan oleh pasar. Pemerintah hanya akan mengantisipasi dampak apabila terjadi pelemahan.

“Mau minta berapa kan tidak bisa. Kalau pasar melihat, ya kan apa yang kita lakukan ini baik pasti mereka akan merespons positif. Itu kita tidak mengendalikan harus berapa, harus berapa tidak bisa karena ada faktor eksternal,” pungkas Presiden Jokowi.

Berdasarkan kurs tengah BI, sejak pekan lalu nilai tukar rupiah menunjukkan penguatan terhadap mata uang dolar AS. Jika sebelumnya sempat hampir menyentuh angka Rp13.500/dolar AS, pada Senin (7/3) lalu nilai tukar rupiah tercatat Rp13.029/dolar AS. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.