Jumat, 27 Mei 22

Jokowi Kenang Ani Yudhoyono sebagai Sosok Inspiratif

Jokowi Kenang Ani Yudhoyono sebagai Sosok Inspiratif
* Presiden Joko Widodo berbincang bersama Presiden RI keenam Susilo Bambang Yudhoyono di ruang perawatan National University Hospital Singapore, usai menjenguk Ani Yudhoyono, 21 Februari 2019. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan belasungkawa atas wafatnya istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono. Jokowi berdoa agar amal Ani Yudhoyono diterima Allah SWT. Jokowi juga berharap SBY dan keluarga diberi ketabahan.

“Selamat jalan Ibu Ani, semoga amal ibadah dan baktimu untuk bangsa ini diterima di sisi Allah SWT. Kepada Bapak SBY dan segenap keluarga besar almarhumah kiranya diberiNya kekuatan dan kesabaran,” ujar Jokowi melalui akun twitter @jokowi, Sabtu (1/6/2019).

Jokowi menilai Ani Yudhoyono sebagai sosok yang selalu menginspirasi. Jokowi mengatakan sosok Ani Yudhoyono sebagai teladan. Baik sebagai Ibu Negara maupun sebagai istri.

“Almarhumah adalah seorang tokoh yang senantiasa memberi inspirasi dan teladan sebagai istri dan Ibu Negara yang setia mendampingi Bapak Susilo Bambang Yudhoyono semasa menjadi Presiden, sebagai ibu dari anak-anaknya, dan sebagai putri seorang prajurit,” tuturnya.

Ani Yudhoyono meninggal dunia setelah menjalani perawatan medis beberapa bulan di National University Hospital (NUH), Singapura, pada Sabtu (1/6) pukul 11.50 waktu Singapura. Ani meninggal di usia 66 tahun karena menderita sakit kanker darah.

Hari ini jenazah akan disemayamkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Singapura. Rencananya esok pagi akan diterbangkan ke Indonesia. Sebelum dimakamkan jenazah Ibu Ani akan disemayamkan di rumah duka di Cikeas, Bogor Jawa Barat.

Pihak keluarga telah mengkonfirmasi rencana pemakaman jenazah Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Lokasi makam Ibu Ani sudah ditentukan yakni terletak di dekat makam istri presiden ke-3 RI BJ Habibie, Ainun Habibie.

Kasubdit Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Utama Kalibata, Iri Sapria mengatakan kuburan Ani Yudhoyoni berada di Blok M Nomor 129. Sebagian lahan, menurut Iri, memang sudah dikosongkan untuk makam para petinggi di Indonesia.

“Sebetulnya kami hanya untuk menghargai para pemimpin kita saja. Ini masih dikosongkan sebagian. Jadi nanti kemungkinan untuk para petinggi-petinggi di republik kita ini,” ujar dia.

(Has)

Related posts