Sabtu, 27 April 24

Jokowi Kecewa dengan Kinerja PLN

Jokowi Kecewa dengan Kinerja PLN
* Presiden Joko Widodo. (Foto: Istana Presiden)

Jakarta, Obsessionnews.com – Padamnya listrik di DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat pada Minggu (4/8/2019) telah membuat banyak orang kecewa karena aktivitas masyarakat terganggu.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun sampai mendatangi Kantor Pusat PT PLN (persero) pada Senin (5/8) pagi untuk mencari informasi tentang hal tersebut.

Presiden menyampaikan, dirinya ingin mendengar langsung penjelasan dari direksi PLN terkait insiden yang merugikan banyak pihak kemarin. Tidak hanya masyarakat, Jokowi juga menyampaikan kekecewaannya terhadap kinerja PLN yang dianggap tidak mampu menjalankan operasi kerja secara optimal.

“Dalam sebuah manajemen besar seperti PLN mestinya, menurut saya, ada tata kelola risiko yang dihadapi dengan manajemen besar tentu saja ada contigency plan, ada back up plan. Pertanyaan saya kenapa itu tidak bekerja dengan cepat dan dengan baik,” jelas Jokowi, Senin (5/8/2019).

Kepada Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani, Jokowi mengingatkan bahwa kejadian mati listrik dalam periode panjang di Jawa-Bali seperti Minggu kemarin terakhir kejadian pada 17 tahun silam, alias pada 2002. Harusnya, ujar Jokowi, pengalaman saat itu bisa menjadi pelajaran berharga bagi perusahaan untuk memperbaiki kinerja.

“Saya tahu ini tidak hanya bisa merusak reputasi PLN namun banyak hal di luar PLN terutama konsumen sangat dirugikan. Pelayanan transportasi umum sangat berbahaya sekali, MRT misalnya,” katanya.

Jokowi pun mendengar penjelasan dari Direksi PLN yang kental dengan istilah teknis. Setelah mendengar penjelasan Plt Dirut PLN, Jokowi kembali mempertanyakan perihal perhitungan dan rencana cadangan yang tidak berjalan.

Jokowi menganggap PLN tidak memiliki hitungan dan mitigasi risiko sehingga kejadian seperti tahun 2002 berulang kemarin. Mestinya hal itu tidak lagi terjadi di tahun-tahun setelahnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.