Kamis, 22 Oktober 20

Jokowi Jelaskan Gambaran Belanja Negara untuk Kesehatan dan Pendidikan Tahun Depan

Jokowi Jelaskan Gambaran Belanja Negara untuk Kesehatan dan Pendidikan Tahun Depan
* Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: FB Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi penjelasan tentang gambaran belanja negara untuk kesehatan dan pendidikan tahun depan.

 

Baca juga:

Dirut Telkom Ririek Adriansyah Terima Penghargaan Bintang Jasa Nararya dari Presiden Jokowi

Jokowi Minta Program Reforma Agraria Dipercepat

 

Belanja negara dalam RAPBN tahun 2021 direncanakan mencapai Rp2.747,5 triliun. Dari angka itu, 6,2 persen atau Rp169,7 triliun diperuntukkan bagi sisi kesehatan dan 20 persen atau Rp549,5 triliun untuk pendidikan.

Anggaran kesehatan ini terutama untuk peningkatan dan pemerataan dari sisi supply serta dukungan untuk pengadaan vaksin, meningkatkan nutrisi ibu hamil dan menyusui dan balita. Juga penanganan penyakit menular, dan akselerasi penurunan stunting.

“Selain itu, juga untuk perbaikan efektivitas dan keberlanjutan program jaminan kesehatan nasional, hingga penguatan pencegahan, deteksi dan respons penyakit, serta sistem ketahanan terintegrasi,” kata Jokowi seperti dikutip obsession news.com dari akun Facebooknya, Sabtu (15/8/2020).

Adapun anggaran pendidikan difokuskan untuk meningkatkan kualitas SDM, kemampuan adaptasi teknologi, hingga peningkatan produktivitas melalui pengetahuan ekonomi di era industri 4.0.

Selain itu juga akan digunakan antara lain untuk penguatan program vokasi dan kartu prakerja, penguatan penyelenggaraan PAUD, percepatan peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan terutama untuk daerah tertinggal, terdepan, dan terluar, penajaman KIP kuliah dan lain-lain. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.