Jumat, 29 Maret 24

Breaking News
  • No items

Jokowi: Jangan Khawatir Ketersediaan Pangan!

Jokowi: Jangan Khawatir Ketersediaan Pangan!

Cimahi, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan ketersediaan pangan menjelang maupun pasca idul fitri aman. Karena itu, presiden meminta masyarakat tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan bahan pangan tersebut.

“Tadi sudah kita lihat oleh kepala bulog stok kita juga jelas. Di layar jelas sekali stoknya, di sini juga jelas sekali stoknya. Tadi di Sumut, Sulsel, Surabaya, Jatim, kelihatan stoknya, artinya pasokannya ada,” ujar presiden saat meluncurkan operasi pasar dan gula di Bandung, Jabar, Senin (15/6/2015).

Jokowi mengatakan pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas harga pangan. Jadi kalau ada pergerakan harga yang tidak wajar pasti pemerintah akan pasok, dari berbagai alternatif seperti Bulog, Kemendag, maupun Kementan.

“Gula, kita juga sudah kita siapkan karena kita tidak ingin harga naik dengan tidak wajar. Minyak, bawang merah juga disiapkan. Kemarin sudah dilakukan Mentan membawa bawang merah dari Brebes menuju ke Jakarta, cabe juga,” katanya.

Presiden juga mengajak semua pihak baik pemerintah pusat maupun daerah untuk melakukan langkah-langkah yang terbaik bagi pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat yaitu pangan, agar dapat terpenuhi dengan harga yang wajar dan terjangkau.

Serta pula selalu sigap mengantisipasi dan mengatasi secara cepat segala kemungkinan gejolak harga khususnya menghadapi ramadan dan idul fitri. Menurut presiden ketahanan pangan bagi suatu bangsa merupakan sesuatu yang tidak bisa ditawar lagi.

Ia melanjutkan perjalanan panjang pengelolaan pangan mengalami pasang surut baik stabilitas harga maupun ketersediaan. Tentu hal itu menurutnya menjadi pelajaran berharga bagi semua pemangku kepentingan. Sehingga saat ini pemerintah bertekad untuk mencapai swasembada pangan di tahun-tahun yang akan datang.

“Oleh karena itu, saya mengingatkan jangan ada yang bermain menjelang lebaran. Kalau ada kenaikan tidak wajar, ada ingin bermain-main masalah harga, pasti kita kejar,” perintah presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.