Sabtu, 16 Oktober 21

Jokowi Jamu Makan Malam Para Kepala Delegasi Peserta KTT OKI

Jokowi Jamu Makan Malam Para Kepala Delegasi Peserta KTT OKI
* Presiden Jokowi.

Jakarta, Obsessionnews – Rangkaian kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) ke-5 tentang Palestina dan Al-Quds Al-Sharif dimulai Minggu (6/3/2016), di Jakarta Covention Center, Jakarta.

KTT didahului dengan pertemuan pejabat tinggi (SOM) yang membahas mengenai rancangan dua dokumen yang akan menjadi hasil konferensi ini yaitu resolusi dan deklarasi. Pertemuan ini berlangsung hingga pukul 12.00 siang. Selanjutnya akan dilakukan pertemuan tingkat menteri yang dijadwalkan dilaksanakan mulai pukul 14.00 WIB.

Malam harinya, di tempat yang sama, Presiden Joko Widodo menjamu para delegasi dalam acara welcoming dinner sebagai penghormatan kepada para Kepala Delegasi peserta KTT Luar Biasa OKI, pukul 19.00 WIB.

Selain jamuan makan malam, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas dan Pangeran Yordania Prince El Hassan Bin Talal.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa sebagai saudara dekat Palestina, merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia menjadi tuan rumah KTT LB ke-5 OKI.

Terlebih dalam KTT kali ini fokus pembahasannya adalah mengenai Palestina dan Al Quds Al-Sharif. Menurut Presiden Jokowi, KTT ini merupakan bentuk dukungan penuh serta solidaritas Indonesia dan OKI terhadap Palestina.

“Saya harap KTT ini mendorong persatuan negara-negara anggota OKI dalam mendukung kemerdekaan Palestina dan menyelesaikan isu Al-Quds Al Sharif,” kata Presiden.

Presiden Jokowi berharap negara-negara Islam dapat berperan lebih banyak dalam proses perdamaian Palestina-Israel. Dan Indonesia siap untuk berperan dalam proses perdamaian.

Dukungan Indonesia atas kemerdekaan Palestina, lanjut Presiden, akan dilaksanakan sesuai kerangka two-state solution dan sejalan dengan berbagai resolusi PBB yang relevan. Indonesia mendukung berbagai terobosan, inisiatif untuk menyelenggarakan konferensi internasional tentang perdamian Palestina.

Presiden juga berharap konferensi OKI di Jakarta kali ini akan dapat memberikan solusi konkrit. Indonesia akan terus berpartisipasi untuk mendukungnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.