Selasa, 30 November 21

Jokowi Jamin Tidak Ada Lagi Krisis Listrik

Jokowi Jamin Tidak Ada Lagi Krisis Listrik

Bantul, Obsessionnews – Ketersediaan listrik untuk memenuhi kebutuhan industri dan rumah tangga akan mulai terjamin setelah presiden Jokowi meresmikan pembangunan pembangkit listrik 35 ribu Mega Watt di Kabupaten Bantul, Jogyakarta. Jokowi mengatakan saat ini ketersediaan listrik secara nasional baru mencapai 50 ribu MW.

“Ini adalah sebuah program yang sudah terencana secara detail kemudian dibackup oleh regulasi-regulasi yang sudah disederhanakan meskipun juga belum selesai,” ujar Jokowi dalam sambutannya, Senin (4/5/2015).

Jokowi menuturkan peluncuran program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW ini merupakan komitmen pemerintah dalam menjawab permasalahan bangsa dan negara untuk menciptakan kedaulatan energi. Rencananya pembangkit listrik tersebut akan dibangun di 240 lokasi.

“Ini memang pinjaman kita, utang kita kepada kepada rakyat yang harus dipenuhi. Masih banyak rakyat yang belum menikmati listrik. Setiap saya pergi ke provinsi, kota dan kabupaten selalu keluhannya adalah krisis listrik, gak ada yang lain,” katanya.

Peluncuran ini juga ditandai dengan penandatanganan Power Purchased Agreement (PPA), MoU serta Groundbreaking beberapa pembangkit listrik. Dalam kesempatan yang sama dilakukan juga penandatanganan perjanjian jual beli gas bumi untuk proyek ketenagalistrikan.

Diantara perjanjian tersebut adalah perjanjian jual beli gas antara Conoco Philips Grissik Ltd dengan PT PLN, dengan periode kontrak selama 3 (tiga) tahun dan jumlah pemasukan untuk pemerintah sebesar 201 juta USD. Selanjutnya amandemen perjanjian jual beli gas antara Petroselat dengan PT PLN, serta HoA antara Petrochina dengan PT Bumi Samudra Perkasa. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.