Kamis, 12 Desember 19

Jokowi Instruksikan Kartu Pra Kerja Bisa Diimplementasikan 2020

Jokowi Instruksikan Kartu Pra Kerja Bisa Diimplementasikan 2020
* Presiden Jokowi dan Wapres didampingi Seskab saat memasuki ruang Rapat Terbatas, di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (12/11/2019) siang. (Foto: Humas Setkab/Jay).

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan program kartu pra-kerja yang merupakan janjinya pada masa kampanye Pilpres 2019 lalu harus bisa diimplementasikan pada pada tahun 2020 mendatang.

“Saya minta kartu pra-kerja ini segera bisa diimplementasikan tahun depan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

“Kita harapkan saat menginjak bulan Januari program ini sudah dijalankan,” ujar Kepala Negara.

Dengan program ini kata Jokowi, pemilik kartu pra-kerja nantinya bisa memilih langsung pelatihan atau kursus yang diminati melalui platform digital yang telah disiapkan pemerintah. Akan ada berbagai jenis pelatihan yang disiapkan.

“Mereka bisa memilih pelatihan yang diminati mulai misalnya barista kopi, animasi, desain grafis, bahasa Inggris, komputer, teknisi programming, coding,” ujar dia.

Untuk itu, Jokowi juga meminta menterinya mencari perusahaan swasta dan BUMN yang bisa memberi berbagai jenis pelatihan tersebut. Selain itu, balai latihan kerja (BLK) yang sudah ada juga bisa dilibatkan dalam memberi pelatihan ini.

“Selain para pencari kerja, korban PHK juga perlu diberikan (pelatihan) yang ingin meningkatkan keterampilannya,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Jokowi juga membeberkan data bahwa 58 persen tenaga kerja di Indonesia merupakan lulusan SMP. Sebab itu, menurutnya perlu ada pembenahan sistem dengan memberikan pelatihan dan pendidikan vokasi dari hulu.

“Itu urusan Mendikbud yang kita harapkan disambungkan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri,” ujarnya. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.