Selasa, 4 Oktober 22

Jokowi Ingatkan Pelayanan Satu Pintu untuk Ijin Kelola SDA

Jokowi Ingatkan Pelayanan Satu Pintu untuk Ijin Kelola SDA

Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta para kepala daerah untuk berhati-hati dalam memberikan izin terkait eksploitasi sumber daya alam (SDA). Dia mengingatkan bahwa Indonesia pernah mengalami masa kejayaan ketika sumber daya alam berlimpah. Namun, karena salah urus akhirnya, Indonesia saat ini mengalami kesulitan.

“Ini harus direm kencang. Kita pernah mengalami yang namanya kutukan minyak dan kutukan hutan! Apa itu? Waktu booming minyak saat itu, kita bisa punya sumber keuangan yang sangat besar sekali, tetapi ternyata kita tidak bisa memanfaatkan,” ujar Jokowi saat membuka Rakor dengan para kepala daerah di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/11/2014).

Jokowi mengingatkan bahwa sumber daya alam harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Indonesia. Oleh karena itu, Jokowi meminta agar semua sumber daya alam yang dimiliki Indonesia diolah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Dengan demikian, nilai tambah dibentuk di dalam negeri.

“Kita akan usahakan investasi-investasi di bidang ini dalam bentuk barang setekah jadi, sehingga nilai tambah itu ada di negara kita,” tutur presiden.

Jokiwi melanjutkan pelayanan satu pintu merupakan sebuah keharusan yang harus dilakukan dalam pengurusan ijin usaha. Mulai tahun depan upaya itu akan dilakukan, jika ada daerah yang tidak melaksanakan pelayanan satu pintu Jokowi berjanji akan mengurangi dana alokasi umum bagi daerah tersebut.

“Ini politik anggaran. Bisa saja nanti DAU nya dikurangi supaya kita bisa mendrive semuanya siap dengan onestop servive ini. Karena ini yang selalu dikelauhkan oleh dunia investasi,” katanya. (Has)

Related posts