Selasa, 14 Juli 20

Jokowi Ingatkan Agar Jangan Terlalu Bangga dengan SDA

Jokowi Ingatkan Agar Jangan Terlalu Bangga dengan SDA

Tarakan – Presiden Jokowi mengingatkan supaya tidak terlalu sering membanggakan sumber daya alam. Sebab kata dia yang menentukan sebuah negara bisa menjadi makmur bukan tergantung dari seberapa besar sumber daya alam yang dimiliki melainkan tergantung pada kebijakan publik yang baik dan benar.

“Hanya itu kuncinya tidak ada yang lain, jadi hati-hati mengambil kebijakan,” ujar Jokowi dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Regional Wilayah Kalimantan di Tarakan, Kalimantan Utara, Senin (15/12/2014).

Jokowi mengatakan kalau saja pemangku kepentingan mengambil kebijakan yang baik dan benar maka proses menjadi sebuah negara makmur itu akan lebih cepat, apalagi kalau didukung oleh sumber daya alam.

Sebab itu, Jokowi mendorong semua pejabat pemerintahan harus memiliki visi dan gagasan yang besar ke depan.

“Hanya mengerjaknnya oleh kecil-kecil. Diawali dengan yang kecil boleh tapi gagasannya harus gagasan yang besar,” katanya.

Presiden mencontohkan negara Singapura, Korea dan Jepang. Ketiga negara tersebut ekonominya melesat cepat bila dibandingkan dengan Indonesia yang sangat terkenal dengan sumber daya alamnya.

“Singapura punya apa tapi begitu melesat sangat cepat sekali. Korea, saya tanya punya apa, begitu melesat. Jepang punya apa, melesat. Padahal Startnya sama-sama dengan kita dan kita dikaruniai oleh sumber daya alam,” papar dia. (Has)

 

Related posts