Senin, 26 Oktober 20

Jokowi: Indonesia Melakukan Langkah-langkah Luar Biasa Mengatasi Pandemi

Jokowi: Indonesia Melakukan Langkah-langkah Luar Biasa Mengatasi Pandemi
* Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: FB Jokowi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, berawal dari persoalan kesehatan, pandemi Covid-19 pada akhirnya berimbas ke perkonomian.

“Seperti banyak negara lain, Indonesia juga melakukan langkah-langkah luar biasa mengatasi pandemi, dan di saat yang sama berusaha mempertahankan perekonomian,” ujar Jokowi seperti dikutip obsessionnews.com dari akun Facebooknya, Sabtu (15/8/2020).

 

Baca juga:

Dirut Telkom Ririek Adriansyah Terima Penghargaan Bintang Jasa Nararya dari Presiden Jokowi

Jokowi Minta Program Reforma Agraria Dipercepat

 

Salah satunya, lanjutnya, dengan pelebaran defisit yang dilakukan mengingat kebutuhan belanja negara untuk penanganan kesehatan dan perekonomian meningkat pada saat pendapatan negara mengalami penurunan.

“Meski demikian pemerintah berkomitmen untuk tetap menjaga pengelolaan fiskal secara hati-hati selama masa pandemi,” tutur Jokowi.

Sementara itu rancangan kebijakan APBN 2021 mendatang diarahkan untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional akibat pandemi, mendorong reformasi struktural, mempercepat transformasi ekonomi menuju era digital, dan pemanfaatan serta antisipasi perubahan demografi.

“Selain itu pelaksanaan reformasi fundamental juga harus dilakukan dalam hal pendidikan, kesehatan, perlindungan sosial, dan sistem penganggaran serta perpajakan,” katanya.

Berpijak pada strategi tersebut, ujarnya lagi, pemerintah mengusung tema kebijakan fiskal tahun 2021, yaitu Percepatan Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.