Rabu, 25 Mei 22

Jokowi: Indikator Ekonomi Saat Ini Lebih Baik dari 1998

Jokowi: Indikator Ekonomi Saat Ini Lebih Baik dari 1998

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut terkena dampak pelemahan ekonomi global. Namun menurut presiden seluruh indikator ekonomi saat ini masih lebih baik dibandingkan masa krisis 1998 dan 2008.

“Untuk itu diperlukan kerja keras untuk menggerakkan ekonomi nasional,” ujar Presiden Jokowi dalam pertemuan dengan para Rektor Perguruan Tinggi di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Dalam pertemuan itu dihadiri oleh 23 Rektor  antara lain Ketua Forum Rektor serta Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri. Sementara, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Kepala Kantor Staf Presiden Teten Masduki.

Menurut Presiden, Indonesia mampu menghadapi tantangan pelemahan ekonomi global saat ini dengan sikap tenang, selalu optimis dan kerja keras. Sebab, meski terkena dampak pelemahan ekonomi global, situasi keamanan dan politik Indonesia semakin kondusif.

“Untuk itu, pesan ini harus sampai kepada para pelaku usaha dan seluruh rakyat Indonesia,” tandasnya.

Presiden menyampaikan bahwa pemerintah telah mengeluarkan paket kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk menggerakkan sektor riil dan meningkatkan daya serap anggaran, selain juga mendorong penyerapan dana desa untuk kegiatan padat karya.

“Pemerintah juga telah melakukan¬† percepatan realisasi proyek-proyek infrastruktur seperti bendungan, saluran irigasi, pembangkit listrik, jalan tol, dan pelabuhan,” kata Presiden.

Berkenaan dengan penyerapan anggaran, Presiden Jokowi secara khusus menyinggung bahwa rendahnya penyerapan anggaran salah satunya disebabkan karena pengguna anggaran sangat berhati-hati akibat khawatir dikriminalisasi.

“Disamping itu, rendahnya penyerapan anggaran juga karena banyaknya aturan yang tumpang tindih,” lanjut dia.

Untuk itu, Presiden menekankan pentingnya dilakukan deregulasi aturan-aturan yang menghambat proses percepatan laju perekonomian nasional. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.