Senin, 22 Juli 19

Jokowi Imbau Pendukungnya Jangan Terlena dengan Hasil Quick Count 

Jokowi Imbau Pendukungnya Jangan Terlena dengan Hasil Quick Count 
* Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi bersama istrinya Iriana Joko Widodo sedang menggunakan hak pilihnya. (foto: Edwin B)

Jakarta, Obsessionnews.com – Penghitungan dari hasil pemungutan suara pada Pilpres 2019 telah dilaksanakan. Dari hasil hitungan cepat atau quick count yang disajikan oleh beberapa lembaga survei pasangan calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) – KH Ma’ruf Amin mengungguli pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Meski begitu, Jokowi menghimbau kepada para pendukungnya untuk tidak terlena dengan hasil perolehan suara quick count tersebut. Orang nomor satu di Indonesia ini meminta kepada pendukungnya agar sabar menunggu hasil resmi penghitungan suara dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Kita harus bersabar menunggu penghitungan dari KPU secara resmi,” kata Jokowi di Djakarta Theater, Jl MH Thamrin, Jakpus, Rabu (17/4/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan apresiasi terhadap KPU, Bawaslu, dan DKPP. Pemilu Serentak 2019 dinilai sudah berjalan dengan jujur dan adil.

Sementara itu di tempat yang berbeda, Ketua KPU Arief Budiman mengimbau kepada seluruh pihak untuk menjadikan hasil hitung cepat lembaga survei sekadar referensi dan informasi. Ia mengatakan, secara aturan hasil resmi tetap berdasarkan hasil penghitungan real count dari KPU.

Apapun hasil yang ditetapkan, KPU mengajak semua pihak untuk bisa percaya terhadap hasil yang ditetapkan. Andaikan memang ada bukti yang cukup bahwa hasil itu tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sudah ada ruang yang tersedia untuk mengajukan gugatan sengketa.

“Untuk sengketa hasil itu bisa diselesaikan di MK,” ungkap Arief di Taman Suropati, Jakarta Pusat.

Dia menekankan peserta pemilu untuk tidak menyelesaikan perkara pemilu dengan cara lain di luar perundang-undangan, contohnya dengan mengerahkan massa untuk people power.

Orang nomor satu di KPU ini juga meminta permasalahan pemilu tidak diselesaikan di jalanan. “Nggak usah lagi ribut nggak usah lagi menyelesaikan di jalan-jalan,” ucapnya.

Seperti diketahui, Beredar di media sosial dan tayangan di televisi hasil hitungan cepat penghitungan suara Pilpres 2019 dari berbagai lembaga survei.

Dari hitungan cepat tersebut Jokowi-Ma’ruf mengungguli pasangan Prabowo-Sandi. Meski begitu, Prabowo mengklaim pihaknya lah yang menang. Klaimnya itu berdasarkan hasil exit poll yang dilakukan kubunya. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.