Jumat, 30 Oktober 20

Jokowi Harap PT 20 Persen Lebih Baik

Jakarta, Obsessionnews.com – Presiden Jokowi berharap agar Rancangan Undang-Undang (RUU) Pemilu diputuskan dengan presidential threshold 20 persen. Namun, Presiden Jokowi menyerahkan keputusan regulasi itu pada mekanisme di DPR.

“Ya itu ruangnya di wilayah DPR. Tapi pemerintah dalam hal ini pengajuannya, karena dari pengalaman beberapa kali Pemilu kan sudah 20 persen berjalan baik,” kata Jokowi di JCC, Senayan, Jakarta, Rabu (19/7/2017).

Pengambilan keputusan soal RUU Pemilu akan dilakukan besok di sidang Paripurna DPR. Sejauh ini masih ada tarik menarik di DPR antara kubu yang ingin presidential threshold (PT) 0% dan ada yang ingin 20-25%.

Presiden Jokowi juga menyinggung soal parliamentry threshold atau ambang batas parpol untuk bisa masuk parlemen. Pemerintah, kata Jokowi, tak ingin ada partai politik yang merasa dirugikan. Sehingga harus ada perhitungan yang sesuai dalam undang-undang Pemilu.

“Ingin ke depan kita semakin sederhana, semakin sederhana. Semakin turun, tetapi kita juga tahu jangan sampai ada partai yang dirugikan. Tapi itu wilayahnya DPR,” lanjut Jokowi.

RUU Pemilu menyisakan lima isu krusial yang belum diputuskan. Yaitu sistem pemilu, distric magnitude, parlementary threshold, presidential threshold dan konvensi suara per dapil. Lima isu krusial tersebut telah dikelompokkan menjadi lima paket oleh Pansus. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.