Minggu, 28 November 21

Jokowi Groundbreaking Fasilitas PON 2020 di Papua

Jokowi Groundbreaking Fasilitas PON 2020 di Papua

Sentani, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pencanangan tiang pertama (groundbreaking) sebagai tanda dimulainya pembangunan fasilitas Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua. Pencanangan tiang pertama dilakukan di kampung Harapan, Sentani, Papua, Sabtu (9/5/2015).

“Tanah Papua perlu dibangun, tidak hanya fisiknya tapi jiwa dan raganya. Dan penetapan PON Papua merupakan awal kebangkitan olahraga di Indonesia terutama di wilayah timur,” ujar Jokowi dalam sambuatanya.

Jokowi mengatakan pembangunan fasilitas PON ini memiliki arti yang penting, bukan hanya bagi orang Papua tetapi juga bagi masa depan keolahragaan di Indonesia. Sehingga seiring dengan pembangunan ini juga akan dibangun infrastruktur penghubung antara Papua dengan provinsi lain di wilayah timur Indonesia.

“Karena nanti setelah dari Jayapura saya akan ke Manokwari untuk meresmikan Papua-Maluku-Sulawesi cable system yang akan meningkatkan konektivitas telekomunikasi antara Papua dengan wilayah-wilayan lain di Indonesia,” katanya.

Pemerintah telah menyediakan anggaran Rp10 triliun untuk pembangunan fasilitas PON 2020. Anggaran sebesar itu merupakan urunan bersama antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi serta pemerintah kabupaten.

“Ini berarti tinggal pembagian anggaran pusat berapa, daerah berapa. Ini segera kita putuskan supaya bisa diselesaikan dan tidak ada halangan,” tutur presiden.

Pemerintah menetapkan PON 2020 akan dilangsungkan di Papua. Pembangunan fasilitas yang tengah dikerjakan dipilih berdasarkan konsep cluster dimaksudkan untuk menjadikan penyelenggaraan PON selaras dengan kebijakan pengembangan wilayah Papua.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.