Minggu, 28 November 21

Jokowi Dorong Kemerdekaan Palestina Melalui KAA

Jokowi Dorong Kemerdekaan Palestina Melalui KAA

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Jokowi meminta supaya negara-negara peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) untuk mendukung kemerdekaan Palestina. Setelah 60 tahun sejak peristiwa itu, semua negara Asia dan Afrika pun telah bebas dari penjajah, kecuali Palestina.

“Palestina adalah satu-satunya negara yang masih dalam penjajahan, masih dalam posisi dijajah,” ujar Jokowi seusai melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Palestina Rami Hamdallah di sela-sela acara Konferensi Asia Afrika, Selasa (21/4/2015).

Jokowi mengatakan segala bentuk penjajahan di Palestina harus segera dihentikan. Selain akan memperjuangkan kemerdekaan Palestina di KAA, Indonesia juga akan melakukan upaya diplomasi melalui Perserikatan Bangsa-Bangsa.

“Karena itu, setelah ini akan ada pertemuan tindak lanjut. Untuk yang terakhir itu harus digarisbawahi bahwa penjajahan di Palestina harus diakhiri,” tegas Jokowi.

Dalam pertemuan itu, Jokowi dan Hamdallah turut membicarakan terkait rencana pembukaan Konsul Kehormatan Indonesia di Ramallah, Palestina. Keberadaan konsul tersebut untuk memudahkan upaya membantu Palestina menjadi negara merdeka.

“Kami minta persetujuan konsul Indonesia di Ramallah. Tadi Perdana Menteri (Palestina) menyampaikan ide itu didukung. Pembukaan konsul itu akan memudahkan langkah berikutnya,” katanya.

Seperti diketahui bahwa saat ini, Palestina telah diakui sebagai anggota tidak tetap PBB. Hal ini diharapkan bisa menjadi pintu masuk bagi pengakuan negara itu di dunia internasional.‎ (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.